TERBARU

Berita Video

Mengenal Indahnya Seni Menyulam, Hobi Kegemaran Kaum Perempuan

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Menyulam adalah salah satu hobi menyenangkan yang dikerjakan saat mengisi waktu luang. Selain memiliki banyak manfaat, karya seni yang satu ini juga bernilai jual tinggi, tergantung dari tingkat kesulitan menyulam, Berikut liputannya.

Menyulam merupakan kegiatan membuat gambar pada kain dengan teknik menjahit.

Menyulam adalah suatu keterampilan yang dimiliki seseorang dalam mengembangkan kreativitas untuk membuat media kerajinan berbentuk gambar atau pola yang terdapat pada kain sebagai hiasan.

Layaknya seorang pelukis yang menggambar menggunakan kuas dan cat, seorang penyulam menggunakan jarum dan benang untuk membentuk pola gambar yang indah.

Menyulam umumnya banyak digemari oleh kaum ibu rumah tangga atau anak perempuan.

Hobi yang satu ini ternyata juga memiliki banyak manfaat, mulai dari dapat meredakan stres, meningkatkan kreativitas, melatih konsentrasi, hingga mampu menghasilkan cuan untuk menambah penghasilan.

Selain itu, keterampilan menyulam akan membuat seseorang menjadi semakin produktif.

Kegiatan menyulam biasanya dikerjakan secara manual dengan menggunakan tangan. Untuk itu, dibutuhkan keterampilan tangan yang handal serta ketelitian dalam menyulam.

Di antara jenis tusukan yang umum dikenal dalam menyulam adalah tusuk rantai, tusuk jelujur, tusuk kelim, dan tusuk silang.

Meskipun teknik menyulam ini terlihat cukup mudah, namun untuk menghasilkan produk sulaman yang bagus dan berkualitas diperlukan kreatifitas dan kesabaran saat melakukannya. Konsisten adalah kuncinya.(Frh)

Berita Terkait