NasionalTanjungpinang

Pelindo Siapkan Layanan Handling Bagasi Gratis untuk Jalur Internasional di Pelabuhan SBP

GOTVNEWS, Tanjungpinang – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) terus berinovasi untuk meningkatkan layanan di jalur internasional dengan menghadirkan layanan handling bagasi gratis bagi penumpang internasional yang berangkat dari Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

General Manager PT Pelindo Cabang Tanjungpinang, Tonny Hendra Cahyadi menjelaskan bahwa layanan ini akan mulai diberlakukan pada 15 Maret 2025. Layanan gratis tersebut mencakup penanganan bagasi mulai dari proses check-in di terminal hingga ke ponton keberangkatan.

“Layanan ini mencakup penanganan bagasi sejak proses check-in di terminal hingga ponton keberangkatan, agar memastikan kenyamanan dan kemudahan bagi penumpang,” ucapnya saat ditemui di pelabuhan pada Rabu (12/2/2025) pagi.

Meski demikian, jasa porter tetap tersedia bagi penumpang yang membutuhkan bantuan dari pintu masuk pelabuhan hingga ke area check-in bagasi, dengan tarif maksimal yang telah ditetapkan oleh pihak Pelindo.

“Untuk buruh di depan sampai area check-in tetap ada, tapi di situ kita sudah tentukan tarif maksimalnya. Jadi itu bisa dinegosiasikan antara buruh dan penumpang lagi terkait harga sesuai batasan tersebut,” tambah Tonny.

Tonny menekankan bahwa layanan handling bagasi ini merupakan respons atas evaluasi dan masukan dari masyarakat. Inovasi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi perjalanan penumpang internasional.

“Penumpang tidak perlu lagi membawa sendiri bagasi mereka melewati area terminal, sehingga perjalanan menjadi lebih praktis dan efisien,” jelasnya.

Ia juga menegaskan bahwa inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Pelindo untuk meningkatkan standar pelayanan pelabuhan sekaligus mendukung transformasi Pelabuhan Sri Bintan Pura sebagai ikon pintu gerbang internasional Tanjungpinang.

“Kami ingin memberikan pengalaman terbaik bagi penumpang internasional dengan menghadirkan layanan yang lebih nyaman dan efisien,” imbuhnya.

“Dengan layanan handling bagasi ini, penumpang dapat lebih fokus menikmati perjalanan tanpa repot mengurus bagasi mereka,” tutupnya. (Aldi)

Berita Terkait