TERBARU

Berita Video

Sejak Januari 2023, Dinsos Tanjungpinang Tangani 13 ODGJ Terlantar

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Sejak Januari 2023, Dinas Sosial (Dinsos) Tanjungpinang telah menangani 13 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang terlantar atau tak memiliki keluarga.

Dari Januari hingga Juli 2023, Dinsos Tanjungpinang telah melakukan upaya penanganan ODGJ terlantar, sedikitnya ada 13 ODGJ yang telah ditangani.

Penanganan itu meliputi pemulangan ke tempat asal, dititipkan ke yayasan rehabilitasi dan diantarkan ke RSJ Provinsi Kepri.

Kepala Dinsos Tanjungpinang, Marzul Hendri melalui Sekretaris Dinsos Tanjungpinang, Loly Irawaty menyebut pihaknya selalu responsif dan tanggap untuk menangani ODGJ terlantar yang dilaporkan oleh warga.

“Kita cepat tanggap jika ada laporan dari masyarakat, tim kita akan turun langsung dan mengasesmen dulu ODGJ tersebut, jika memang tak punya keluarga, kami segera tangani, namun jika ODGJ tersebut masih punya keluarga, akan serahkan ke Puskesmas atau Dinkes Tanjungpinang,” jelas Loly.

Dalam penanganan ODGJ terlantar, Dinsos Tanjungpinang bekerjasama dengan RSJ Kepri, yayasan Al Fatih Batam dan pihak-pihak terkait.

Perlu diketahui, penanganan ODGJ dibagi atas dua OPD, ODGJ terlantar atau tanpa keluarga ditangani oleh Dinas Sosial, sedangkan ODGJ yang masih memiliki keluarga akan ditangani oleh Dinas Kesehatan.(Drl)

Berita Terkait