TERBARU

Uncategorized

Siap-siap PPDB Tanjungpinang 2023 Segera Dibuka

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang akan segera membuka Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tahun 2023. Rencananya PPDB akan dimulai pada bulan Juni mendatang.

Sekretaris Dinas Pendidikan Tanjungpinang, Saparilis mengatakan, penerimaan peserta didik akan dimulai pada tanggal 26 Juni hingga 5 Juli 2023 mendatang. Terdapat empat jalur yang akan dibuka, seperti afirmasi, prestasi, zonasi dan perpindahan orang tua.

“Kita sudah melakukan sosialisasi seluruh kepala sekolah, mulai dari TK, SD dan SMP dan kita juga sudah sosialiasi juga seluruh lurah se Kota Tanjungpinang untuk disampaikan kepada masyarakat,” katanya, Kamis (25/5/2023).

Saparilis menyebut terdapat perbedaan PPDB pada tahun ini jika dibandikan tahun sebelumnya, PPDB tahun 2023 akan mengutamakan terlebih dahulu jalur afiirmasi atau warga yang kurang mampu.

Jalur afirmasi akan dibuka sebanyak 15 persen dari total jumlah kuota. Sementara jalur prestasi sebanyak 10 persen, jalur perpindahan orang tua 5 persen, terakhir dengan jalur zonasi sebanyak 70 persen untuk jenjang SMP dan jenjang SD sebanyak 80 persen.

“Bedanya tahun kemarin jalur prestasi duluan, kalau sekarang jalur afirmasi duluan jadi kita utamakan orang orang kurang mampu dulu,” tuturnya.

Lebih lanjut dirinya berharap proses PPDB tahun 2023 dapat berlajaan dengan baik sehingga tidak ada orang tua lagi yang memaksakan anaknya untuk masuk disekolah tertentu.(San)

Berita Terkait