TERBARU

Berita Video

TTG Kepri 2023, 16 Peserta dari 6 Kabupaten dan Kota Bersaing Jadi yang Terbaik

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Sebanyak 16 peserta dari 6 kabupaten dan kota mengikuti lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepri.

Kegiatan lomba TTB dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Budiharto bertempat di Hotel Aston, Tanjungpinang, Rabu (3/5/2023) kemarin.

Tema TTG tahun ini adalah mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

16 peserta dari kalangan pelajar hingga masyarakat umum dari 6 kabupaten dan kota mengikuti lomba inovasi TTG, masing-masing berasal dari 6 Kabupaten Kota diantaranya, Tanjungpinang, Bintan, Batam, Karimun dan Natuna.

Belasan peserta akan bersaing menampilkan teknologi yang mereka ciptakan. Selain itu, nantinya para peserta juga akan bersaing untuk mewakili Kepri dalam mengikuti perlombaan TTG tingkat nasional.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kepri, Budiharto berharap melalui wadah ini dapat memicu para peserta untuk mengembangkan teknologi yang berguna kepada masyarakat.

“Yang terbaik akan di fasilitasi Pemprov Kepri agar mereka dapat terus berinovasi agar produk yang mereka ciptakan dapat berkembang dan lebih maju,” ucap dia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepri, Misbardi mengatakan, tujuan digelarnya perlombaan ini untuk mencari inovasi teknologi tepat guna yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Penilaian dilakukan secara objektif oleh tim penilai yang independen. Kita harap ada inovasi TTG ini bisa diangkat dan dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat,” kata dia.

Salah seorang peserta asal Tanjung Batu, Kabupaten Karimun, Asman optimis dapat meraih yang terbaik pada kejuaran ini. Ia mengembangkan teknologi berupa alat penjernih air gambut dengan tanah liat.

“Saya bangga karena kita bisa menciptakan suatu benda yang dapat berguna bagi masyarakat. Saya juga bangga bisa mewakili daerah saya,” kata dia.

Kejuaran Teknologi Tepat Guna tingkat Provinsi Kepri tahun 2023 ini akan berlangsung selama 3 hari, dimulai tanggal 3 hingga 5 Me 2023.(San)

Berita Terkait