TERBARU

Wisata

10 Destinasi Wisata di Natuna yang Wajib Dikunjungi, Tawarkan Keindahan Alam yang Menakjubkan

GOTVNEWS, Natuna – Kabupaten Natuna terletak di Provinsi Kepulauan Riau adalah surga tersembunyi bagi para pecinta alam dan penggemar pantai.

Dengan keindahan alamnya yang spektakuler, pantai yang berpasir putih, dan kehidupan bawah laut yang kaya, Natuna menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Berikut 10 destinasi wisata yang layak dikunjungi jika anda berkunjung ke Natuna:

  1. Alif Stone Park

Destinasi wisata ini berada di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna. Alief Stone Park mempunyai luas wilayah sekitar tiga hektar. Di taman ini ribuan batu yang berasal dari zaman pra sejarah megalitikum tertata cantik di sepanjang tepian pantai.

Destinasi wisata ini memadukan antara pantai berpasir putih, air yang jernih serta hamparan batu granit raksasa. Ketika pertama kali datang ke tempat ini, anda akan melewati celah-celah batu dengan lebar 1 meter, cukup berjalan sekitar 10 m anda akan menemukan pintu masuk berupa batu besar.

  1. Batu Sindu

Batu Sindu, bukan hanya sekedar batuan tunggal melainkan formasi batuan yang berbukit. Apalagi beberapa penduduk setempat menyebutnya gua kuno berada disana.

Tempat ini adalah salah satu destinasi di Natuna karena keindahan alamnya. Anda bisa melihat banyak bebatuan raksasa yang berada di bibir bukit, dan langsung menghadap laut.

  1. Air Terjun Gunung Hiu

Lokasi Air Terjun Gunung Hiu diresmikan tahun 2012 oleh Bupati Natuna yang awalnya hanya sebuah ladang durian, cengkeh dan kelapa.

Air Terjun Gunung Hiu mengalir langsung dari batuan granit. Konon, ada legenda tentang Air Terjun di Gunung Hiu. Pada suatu hari, air laut naik ke daratan sampai mencapai dataran sekitar Gunung Ranai.

Pada saat itu ada ikan hiu yang terikut arus. Sehingga ketika air surut ikan hiu tersebut terjebak pada cekungan air yang ada di dataran Gunung Ranai.

Cekungan air tersebut secara alami lama-lama membentuk saluran ke bawah yang menyerupai air terjun. Sejak itu, masyarakat sekitar Desa Ceruk menyebut daerah ini dengan sebutan Air Terjun Gunung Hiu.

  1. Masjid Agung Natuna

Masjid Agung Natuna merupakan sebuah masjid yang terletak di Kabupaten Natuna, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 2007 dan selesai pada tahun 2009.
Masjid ini merupakan bagian dari kompleks Gerbang Utaraku, kawasan yang dipersiapkan sebagai pusat pemerintahan dan bisnis Natuna di wilayah Ranai yang menjadi ibu kota Kabupaten Natuna, tidak hanya itu, masjid juga menjadi titik pusat kawasan tersebut.

  1. Pulau Akar

Salah satu destinasi menarik untuk dijelajahi ketika Anda berada di Kepri adalah Pulau Akar yang berada di ujung dermaga Desa Cemaga.

Pulau kecil ini seperti tersembunyi di tengah lautan Natuna, Kepri. Pulau ini termasuk mungil karena hanya seluas 250 meter persegi, berada di tengah lautan.

  1. Gunung Ranai

Gunung Ranai merupakan gunung dataran rendah, sebab ketinggiannya berkisar antara 300—1.035 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meskipun demikian, para pelancong yang mendaki gunung ini akan menemukan fenomena menarik, yaitu gradasi jenis-jenis tanaman dari hutan dataran rendah hingga hutan dataran atas.

  1. Gunung Gundul

Gunung Gundul adalah wisata indah yang terdapat di Pulau Natuna di Kepulauan Riau (Kepri). Tempat wisata ini banyak ditumbuhi pepohonan, sehingga menjadikannya tempat wisata yang sejuk dan menyegarkan.

Ketika sudah sampai di puncak, kita bisa melihat pemandangan yang hijau dan indah, kehijauannya Natuna yang terhampar luas di sekliling. Serta kita bisa menyaksikan pemandangan ke seluruh arah mata angin dengan jelas.

  1. Bukit Batu Kapur

Objek wisata ini terletak di kaki Gunung Ranai, Batu Kapur sangat populer di kalangan pecinta wisata.

Para pengunjung dapat melihat bentangan alam Natuna yang indah, dari ketinggian sekitar 400 mdpl. Bukit ini berlokasi di Desa Ceruk, Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna Kepri.

  1. Pantai Teluk Buton

Objek wisata pantai ini terletak di desa Teluk Buton daerah kecamatan Bunguran Utara, kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, makanya disebut sebagai pantai Teluk Buton.

Merupakan salah satu objek wisata baru di Natuna yang akan sangat sayang jika dilewatkan begitu aja. Pantai indah ini berhadapan langsung dengan Laut China Selatan.

  1. Air Terjun Pengadah

Objek wisata air terjun ini, belum begitu dikenal oleh masyarakat. Namun pesonanya tidak kalah menarik dan akan memberi ketenangan jiwa bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Eksotis dan natural, begitulah kesan yang diterima bagi orang-orang yang telah melihat langsung keberadaan air terjun dibelantara hutan Desa Pengadah.

Bahkan keberadaanya itu, diyakini banyak pihak suatu saat akan menjadi objek wisata unggulan dan menambah jumlah destinasi wisata yang ada di Natuna.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Raja Hery Mokhrizal mengatakan Kabupaten Natuna memiliki beberapa destinasi pariwisata unggulan, seperti alif stone, Batu Sindu, Air Terjun Gunung Hiu dan masih banyak lagi.

“Natuna telah ditetapkan sebagai destinasi pariwisata oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, sebagaiman SK yang ditetapkan tahun 2022 kemarin,” katanya.

SK tersebut ditetapkan karena pariwisata memiliki peranan penting untuk memajukan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam rangka pembangunan dan pengembangan pariwisata diperlukan penentuan perwilayahan pariwisata dan daya tarik wisata agar pengembangan yang dilakukan lebih terarah,” jelasnya.(Brm)

Berita Terkait