TERBARU

Berita Video

Hore, Mulai Agustus 2023 QRIS Bisa Setor dan Tarik Tunai, Begini Caranya

GOTVNEWS, Jakarta – Bank Indonesia (BI) akan merilis pengembangan fitur baru Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Agustus 2023 mendatang, yakni QRIS TUNTAS atau Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, Dicky Kartikoyono, menjelaskan QRIS TUNTAS sudah melewati uji coba dengan penyedia jasa pembayaran yang cukup lama, dengan hasil memuaskan.

Fitur QRIS Transfer bisa digunakan untuk memindahkan dana antar-pengguna QRIS cukup dengan memindai kode QR, baik dari rekening bank maupun saldo di akun non-bank seperti dompet digital.

Sedangkan, untuk fitur QRIS Tarik Tunai dan Setor Tunai bisa digunakan untuk menarik dan menyetor uang di ATM dengan cara memindai kode QRIS.

Sementara itu, untuk lokasi yang tidak tersedia ATM, pengguna QRIS bisa menyetor dan menarik uang tunai melalui merchant QRIS yang bertindak sebagai agen atau mitra.

Manfaat dari fitur QRIS TUNTAS ini tentunya dapat membantu memperluas inklusi keuangan, karena tarik dan setor tunai nantinya bisa dilakukan di wilayah yang belum tersedia mesin ATM seperti di wilayah 3T.(Frh)

Berita Terkait