TERBARU

Berita Video

Indonesia Sambut Baik Pengakuan Negara Palestina oleh Spanyol, Irlandia, dan Norwegia

GOTVNEWS, Belgia – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri, menyambut baik pengakuan sejumlah negara Uni Eropa terhadap Negara Palestina.

Dilansir akun X resmi Kemlu RI, pada Selasa (28/5/2024) lalu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi telah bertemu dengan Menlu Irlandia, Spanyol, dan Norwegia, pada 26-27 Mei 2024 di Brussels, Belgia.

Pertemuan itu dinilai penting di tengah semakin memburuknya situasi di Palestina dan semakin tidak diindahkannya keputusan-keputusan Mahkamah Internasional oleh Israel.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno menegaskan dukungan Indonesia terhadap pengakuan negara Palestina dan mendorong negara-negara lain untuk mengikuti langkah serupa.

Kemlu RI menyatakan bahwa pengakuan ini memiliki arti penting dalam upaya mencapai perdamaian dan stabilitas di Palestina.

Kemlu RI juga menilai keputusan ini sebagai langkah penting dalam mewujudkan solusi dua negara yang telah lama diupayakan.

Sebelumnya, Irlandia, Norwegia, dan Spanyol mengumumkan pengakuan mereka terhadap negara Palestina secara resmi pada tanggal 28 Mei 2024. 

Selain itu, Indonesia juga sebagai salah satu negara yang konsisten mendukung kemerdekaan Palestina, berharap bahwa pengakuan ini akan mendorong lebih banyak negara untuk mengakui Palestina sebagai negara merdeka.(Frh)

Berita Terkait