TERBARU

Berita Video

Peringatan Dini BMKG, Waspada Peningkatan Gelombang Laut di Perairan Kepri

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi di perairan Kepulauan Riau.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Robby Akbar, mengatakandalam tiga hari kedepan gelombang tinggi berpotensi terjadi di beberapa perairan wilayah Kepri.

Seperti perairan Anambas dan Natuna tinggi gelombang air laut diperkirakan dapat mencapai ketinggian 5 meter, sementara untuk perairan Bintan Utara mencapai 3,5 meter, sedangkan untuk perairan Tanjungpinang, ketinggian gelombang diperkirakan diangka 2,5 meter.

Menurut Robby, tingginya gelombang ini terjadi karena aktivitas angin utara yang sedang aktif yang disebabkan oleh adanya pergerakan angin Monsun Asia sehingga menimbulkan tiupan angin yang cukup kuat.

“Menjadi perhatian untuk wilayah perairan Anmabas dan Natuna tinggi gelombang mencapai 5 meter menjadi kewaspadaan tersendiri, di Tanjungpiang dapat mencapai 2,5 meter sedangkan perairan pesisir Bintan Utara dapat mencapai 3,5 meter,” kata Robby

BMKG menghimbau masyarakat yang beraktivitas di perairan agar mewaspadai peningkatan gelombang air laut. (San)

Berita Terkait