TERBARU

Berita Video

Pantauan Kondisi Terkini Erupsi Gunung Merapi

GOTVNEWS, Yogyakarta – Gunung Merapi kembali meluncurkan awan panas guguran pada Senin (13/3/2023) siang, hingga memuntahkan lava sebanyak 60 kali sejak Sabtu (11/3/2023) lalu.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Badan Geologi menyatakan, awan panas guguran tersebut kembali terjadi sekitar pukul 11.26 WIB dengan jarak luncur 1.500 m ke arah Barat Daya (K. Bebeng).

Hingga saat ini, tercatat sudah ada 60 kali kejadian awan panas guguran di Gunung Merapi yang mengarah ke barat daya di Kali Bebeng sejak Sabtu (11/3/2023) kemarin.

Berdasarkan pantauan foto udara menggunakan drone, jarak luncur awan panas guguran kali ini mencapi 3,7 km dari puncak Gunung Merapi.

Pasca rangkaian awan panas guguran tersebut, status Gunung Merapi masih berada di tingkat Siaga atau level III. Untuk itu, BPPTKG mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di puncak Gunung Merapi.

Ia juga mengatakan, BPBD Sleman telah menyiapkan sebanyak 32 titik pengungsian untuk mengevakuasi warga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.(Frh)

Berita Terkait