TERBARU

Metropolis

Tim Gabungan akan Tertibkan Aktivitas Truk Odol di Bintan

GOTVNEWS, Bintan – Dishub Kepri akan membentuk tim gabungan untuk melakukan penindakan truk Over Dimension dan Over Loading (Odol) yang masih berseliweran di sepanjang jalan Lintas Barat, Kabupaten Bintan.

Menurut Kadishub Bintan, Muhammad Insan Amin tim gabungan itu terdiri dari Dishub Kepri beserta aparat TNI, Polri serta instansi lainnya.

“Dari hasil rapat bersama yang dilakukan bebeberapa hari lalu, tim gabungan akan melakukan penindakan truk odol usai lebaran”, jelasnya, Kamis (30/3/2023) siang.

Sebelum dilakukan penindakan, tim gabungan juga akan mensosialisasikan terlebih dahulu kepada para pengendara truk odol.

“Kita terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi, setelah itu baru dilakukan penindakan dengan memberikan sanksi,” tegasnya.

Dia menjelaskan bahwa perihal truk ODOL sejauh ini pihaknya sudah terus melakukan pengawasan, melalui uji kir.

“Dishub Bintan sudah melakukan pengawasan truk-truk itu saat uji KIR. Sebab saat uji KIR ukuran, dan kelayakan truk akan di cek. Termasuk mengenai kapasitas dan ukuran bak truk,” katanya.

Sementara itu sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Kepri, Junaidi menyebutkan, bahwa Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan segera merazia truk odol atau kelebihan muatan.

Pelaksanaan razia akan melibatkan Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) dan PT ASDP Batam.

“Terkait masalah truk odol ini, akan segera kami tindak,” tegasnya.

Sementara masyarakat sangat berharap ada ketegasan dari Pemerintah terhadap aktivitas truck odol di Kabupaten Bintan yang semakin marak.

“Kami berharap pemerintah mengambil tindakan tegas, sesuai aturan yang ada. Soalnya sangat membahayakan pengendara lainnya,” terang salah seorang warga di Km 16 Desa Toapaya Selatan, Andika.

Andika juga menambahkan, bahwa saat ini truk odol masih berseliweran melintas di sepanjang jalan Lintas Barat, Kabupaten Bintan menuju Kota Tanjungpinang.

“Sejumlah truk odol itu melenggang masuk melalui Pelabuhan Roro Tanjunguban dan melintas di Jalan Lintas Barat, Kabupaten Bintan menuju Kota Tanjungpinang dan sebaliknya,” tutupnya.(Mhd)

Berita Terkait