TERBARU

GO Cast

Bebas Malaria, Cegah Bersama

Go Cast – Malaria merupakan penyakit yang ditularkan melalui gigtan nyamuk Anospheles dengan parasit yang dibawanya (Plasmodium). Setelah mengalami gigitan, parasit akan masuk ke dalam aliran darah, menuju organ hati. Setelah beberapa hari, parasit ini akan berkembang biak. Parasit dewasa mengikuti peredaran darah dan menginfeksi darah merah.

Penyakit malaria umumnya ditemukan di daerah beriklim tropis. Oleh sebab itu penyebaran malaria di Indonesia sendiri masuk dalam katagori tinggi.

Gejala malaria pada umumnya terjadi 10-14 hari setelah terinfeksi. Gejala yang sering dijumpai adalah Menggigil dengan intensitas sedang hingga parah, demam tinggi, sering berkeringat, sakit kepala, mual, muntah-muntah, diare, BAB Berdarah, kurang darah hingga nyeri dan ngilu pada tubuh.

Malaria dapat dicegah dengan menghindari gigitan nyamuk, memakai pakain yang menutup tubuh, menggunakan obat profilaksis, menggunakan lossion nyamuk, serta menghindari daerah dengan kasus malaria tinggi dan membersihkan lingkungan. 

Berita Terkait