TERBARU

Metropolis

Cegah Kericuhan, Dispora Tanjungpinang Syaratkan Peserta Lomba Gerak Jalan Dengan Pakta Integritas

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tanjungpinang menyiapkan dokumen pakta integirtas yang wajib di isi oleh para peserta saat mendaftar sebagai peserta lomba gerak jalan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tanjungpinang, Ruli Friyadi mengatakan, pendaftaran lomba gerak jalan akan di buka dalam waktu dekat ini. Untuk sistem pendaftaran, kata Ruli, dilakukan secara daring.

“Saat ini belum nanti bukanya tanggal belasan keatas,” katanya, Rabu (7/8/2024).

Ruli menyampaikan, dalam proses pendaftaran secara daring itu para peserta akan diberikan link aplikasi untuk mendaftar. Di lembar pendaftaran itu tercantum dua kategori lomba gerak jalan mulai dari gerak jalan 8 kilometer dan 17 kilometer.

Selain kategori lomba gerak jalan, jelas Ruli, di link pendaftaran itu juga dicantumkan formulir pakta integritas yang wajib diisi oleh setiap peserta dan ditanda tangani diatas materai.

“Kita berikan formulir pakta integritas, semua peserta harus menguplod pakta integritas yang ditanda tangani dan bermaterai,” ucapnya.

Formulir pakta integritas tersebut bertujuan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi saat pelaksaan gerak jalan berlangsung seperti kerusuhan antar peserta dan lain sebagainya.

Jika nanti terjadinya kerusuhan, sambung dia, pihak panitia wajib mendiskualifikasi peserta yang terlibat kerusuhan dan semua nilai kerugian harus ditanggung oleh perserta.

“Karena kita tak ingin kejadiaan tahun lalu terjai lagi yang ribut ribut dijalan. Membuat peserta berkomitmen menjaga ketertiban dan tidak ribut seperti kemarin,”ucapnya.

“Kalau terjadi mereka harus tanggung jawab, terjadi kerusakan terjadi perkelahian itu tanggung jawab sendiri. Otomatis gugur,”terangnya.

Nantinya pakta integritas akan ditandangani oleh perwakilan ketua kelompok dan penanggung jawab kelompok.(San)

Berita Terkait