TERBARU

Berita Video

Dinkes Tanjungpinang Yakini Puskesmas Sei Jang Sudah Sesuai SOP Tangani Pasien

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanjungpinang sebut Puskesmas Sei Jang sudah sesuai prosedur kesehatan saat menangani pasien bernama Dyo Putra Pratama.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam dari laporan yang diterimanya dari Kepala Puskesmas Sei Jang, anak tersebut menderita diare dan muntah-muntah.

Maka, tenaga kesehatan melakukan pengobatan sesuai SOP dengan apa yang di derita pasien, dan memberikan obat seperti oralite, zin, obat anti muntah dan anti diare.

Rustam menuturkan, bahwa obat yang diberikan aman dan standar, sehingga dirinya merasa tidak ada kaitannya antara obat yang diminum dengan kejadian tersebut.

Kemudian, pada standar kesehatan pengecekan tensi tidak dilakukan pada anak usia di bawah 15 tahun. Pengecekan tensi dilakukan jika adanya kecurigaan hipertensi pada anak.

“Kalau memang tidak punya riwayat tensi biasanya untuk anak dibawah 15 tahun tidak dilakukan. Kecuali ada kecurigaan atau informasi tentang hipertensi pada anak,” ungkapnya.

Meski demikian, Dinkes Tanjungpinang menghormati langkah hukum yang diambil oleh keluarga korban atas penanganan pasien tidak sesuai prosedur di Puskesmas Sei Jang hingga mengakibatkan pasien meninggal dunia.(San)

Berita Terkait