TERBARU

Metropolis

Disdik Tanjungpinang Berencana Tambah RDT dan Rombel Bagi Siswa Baru Tak Tertampung

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang akan menambah Rencana Daya Tampung (RDT) dan Rombongan Belajar (Rombel) di Sekolah.

Kebijakan ini dilakukan guna menampung para calon pelajar SMP yang bermasalah saat proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024.

Panita PPDB SD dan SMP Tanjungpinang, Inderi Zamar mengatakan, jumlah kelulusan pelajar SD memang tidak sebanding dengan rencana daya tampung (RDT) di setiap SMP Negeri.

Tercatat ada 4.047 pelajar SD yang resmi lulus pada tahun 2024. Sementara yang resmi menjadi peserta didik baru di SMP Negeri di Tanjungpinang sebanyak 2.331 orang.

“Ini disebabkan dengan tidak berimbangnya sebaran jumlah penduduk ada di satu zona.
Jumlah pendaftar SMP yang lulus sebanyak 2 ribu lebih. Sisanya, 700 sampai 800 siswa masuk ke sekolah swasta,” katanya Kamis(4/7/2024).

Inderi menyampaikan, Disdik Tanjungpinang berencana menambah jumlah siswa per rombel untuk mengatasi sekitar seribu lebih pelajar yang terancam tidak tertampung di SMP Negeri.

Penambahan RDT dan Rombel, lanjut dia, akan dilakukan terutama di SMP Negeri di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur, dan rencana penambahan tersebut akan dirapatkan lebih lanjut.

“Rombel kita normalnya 32 orang. Atau kita menambah rombel untuk mengatasi hal ini,”ucapnya.

“Sekolah yang ditambah RDT atau rombel ialah SMP 7, SMP 16, SMP 12 dan SMP 17. Semuanya di Tanjungpinang Timur,” ucapnya.(San)

Berita Terkait