TERBARU

Politik

Hari Ini, 637 Petugas Pantarli Mulai Menjalankan Tugas Pencoklitan

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Sebanyak 637 petugas pemutakhiran data pemilih atau Pantarli di Kota Tanjungpianng mulai jalankan tugas pencocokan dan penelitian data pemilih dari rumah ke rumah.

“637 Pantarli sudah dilantik di 18 kelurahan di Tanjungpinang mereka juga sudah mengikuti Bimtek dan hari langsung melakukan coklit,” kata Ketua KPU Tanjungpinang Muhammad Faizal (24/6/2024).

Faizal menyampaikan, pencoklitan data yang dilakukan oleh petugas Pantarli akan berlangsung selama 1 bulan dari tanggal 24 Juni-25Juli 2024. Proses ini sebagai awal mula tahapan penyusunan daftar pemilih Pilkada serentak 2024.

Nantinya ada sebanyak 172 ribu lebih data pemilih yang ada di Tanjungpinang sebagai pemuktahiran data dari hasil Pemilihan Umum Legislatif sebelumnya.

“Kalau sebelumnya data pemilih kita ada 167.76 pemilih maka ada kenaikan sekitar 5.000 ribu data pemilih data ini akan disinkronisasikan agar data ini valid,” jelasnya.

Faizal menyebutkan, data pencocokan ini menjadi dasar untuk logisitk pelaksanaan Pilkada 2024 pada bulan November mendatang seperti dalam menentukan TPS hingga rekapitulasi.(San)

Berita Terkait