TERBARU

Wisata

Jelajah Pesona Bawah Laut di Pulau Mapur Bintan

GOTVNEWS, Bintan – Bintan memiliki banyak pulau yang indah, salah satunya Pulau Mapur yang memilki keindahan bawah laut yang mempesona.

Pulau Mapur terletak di Kecamatan Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan. Untuk menuju ke pulau ini terlebih dahulu menempuh perjalanan darat menuju Teluk Bakau.

Ada penyeberangan dari Dermaga Teluk Bakau ke Pulau Mapur menggunakan speedboat dengan waktu tempuhnya sekitar 40 menit.

Pulau ini menyuguhkan keindahan panorama alam di setiap sudutnya. Salah satunya yakni Pantai Bukit Larang. Bukit Larang muncul lantaran dinding-dinding batu yang besar dan tersusun rapi secara alami yang jadi latar lokasi.

Saat air pasang, pengunjung bisa melihat kedahsyatan ombak berbuih yang bergulung menghantam karang. Berenang bisa menjadi pilihan yang tepat bila air laut sedang tenang. Dan pilih tempat yang aman jauh dari tebing dan karang.

Aktivitas paling seru ketika berada di Pulau Mapur yakni menjelajah alam bawah lautnya. Karena disini memiliki terumbu karang dan berbagai jenis ikan warna-warni menjadi panorama epik yang tidak akan terlupakan.

Disepanjang bibir pantai, pengujung juga dapat melihat suasana perkampungan dengan jejeran rumah panggung. Sebagian besar mata pencaharian penduduk adalah sebagai nelayan

Bukan sekedar sebagai destinasi wisata, pulau ini juga merupakan tempat belajar bagi yang tertarik akan dunia konservasi kelautan.

Pulau Mapur juga memilki Taman Kima, Salah satu kerang laut dengan bentuk dan ciri paling unik di antara semua jenis kerang dan sering disebut sebagai kerang raksasa (giant clams).

Penangkaran biota Kima (Tridacna sp) atau Taman Aquascape bawah laut hasil dari inisasi kelompok masyarakat dan Yayasan Ecology.

Selain itu di pulau ini juga terdapat penangkaran penyu, dimana pengujung dapat melepas-liarkan pentu atau tukik yang sudah menetas dan cukup umur ke alam bebas di pesisir pantai. Jika beruntung pada malam harinya pengunjung dapat melihat sensasi penyu bertelur (nesting turtles).

Gubernur Kepri Ansar Ahmad kini telah menetapkan Pulau Mapur sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata dan daya tarik wisata di Kepri sebagai panduan pengembangan sektor pariwisata.

Hal itu tertuang surat keputusan Nomor 1263 tahun 2022tentang Destinasi Pariwisata, Kawasan Strategis Pariwisata dan Penetapan Daya Tarik Wisata.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengungkapkan, penetapan ini bertujuan memajukan kesejahteraan masyrakat, meratakan kesempatan berusaha dan optimalisasi potensi ekonomi dan karakteristik daerah.

“Serta untuk mengankat dan melindungi nilai nilai budaya, agama, adat istiadat, dan mejaga kelestrarian alam,” katanya Desember 2022 lalu.(San)

Berita Terkait