TERBARU

Berita Video

Jokowi Resmi Lantik Menpora dan Kepala BNPT Baru

GOTVNEWS, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo resmi melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) serta Rycko Amelza Dahniel sebagai kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang baru pada Senin (3/4/2023) sore di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Dito Ariotedjo resmi menggantikan posisi Menpora yang sebelumnya dijabat oleh Zainudin Amali yang telah mengundurkan diri lantaran ingin fokus pada jabatannya sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Selain melantik Menpora, Jokowi juga melantik Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) baru untuk menggantikan Boy Rafli Amar yang segera pensiun.

Setelah resmi dilantik, sejumlah pekerjaan rumah pun menanti keduanya usai resmi memangku jabatannya yang baru.

Dito mengaku mendapat sejumlah tugas dari Presiden Jokowi untuk melanjutkan pekerjaan yang sudah dilakukan oleh Menpora sebelumnya, yaitu Zainudin Amali.

Untuk itu, dengan statusnya sebagai anak muda, Dito optimistis bahwa komunikasi yang dijalin dengan para stakeholder akan jauh lebih mudah.

Selain itu, ia juga menyebut akan ada tujuh perhelatan internasional di Indonesia yang akan digelar dalam waktu dekat, sehingga pihaknya harus bekerja ekstra.

Sementara itu, Rycko juga mengaku mendapat pesan dari Presiden Jokowi untuk mengoptimalkan kegiatan deradikalisasi yang selama ini dilakukan oleh BNPT.

Rycko mengatakan, deradikalisasi mesti dilakukan dengan sinergi antara instansi pemerintah maupun kerja sama dengan pihak-pihak di dalam dan luar negeri.

Untuk itu, ia menekankan bahwa upaya pencegahan lebih baik daripada mengobati, serta melakukan penegakan hukum terhadap orang-orang yang telah terpapar radikalisme dan terorisme.(Frh)

Berita Terkait