TERBARU

Berita Video

Panas, Debat Pilpres 2024: Adu Gagasan soal Ekonomi, Perdagangan, Infrastruktur dan IKN

GOTVNEWS, Jakarta – Tiga cawapres yang berkontestasi pada ajang Pilpres 2024 saling beradu gagasan dalam debat kedua yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat (22/12/2023) malam.

Ketiganya tampil dalam Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 yang mengangkat tema soal ekonomi kerakyatan dan digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Menariknya, proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi perdebatan panas dalam Debat Pilpres 2024 seri kedua kali ini, yang mempertemukan antara ketiga cawapres, yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Raka Buming Raka, dan Mahfud MD.

Gibran menyebut anggaran IKN tidak sepenuhnya ditanggung oleh APBN, sementara Mahfud mendebat IKN belum ada investor, sedangkan Muhaimin Iskandar menyebut akan membangun 40 kota baru selevel dengan Jakarta.

Salah satu yang mencuri perhatian netizen adalah penampilan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. Banyak warganet yang menyebut Gibran tampil di luar dugaan, baik dalam penguasaan materi maupun penguasaan emosi.

Selain itu, Muhaimin Iskandar, juga sempat menjadi sorotan karena sempat kerepotan menjawab pertanyaan dari pesaingnya, Gibran tentang State of the Global Islamic Economy (SGIE). Ia pun meminta Gibran untuk menjelaskan kembali apa itu SGIE.

Disisi lain, Mahfud MD juga turut mengkritik rencana Gibran yang ingin menaikkan rasio pajak (tax ratio) hingga 23%. Menurut Mahfud, hal tersebut sangat sensitif dan mengingatkan Gibran untuk berhati-hati. (frh)

Berita Terkait