TERBARU

Metropolis

Tahun Depan, Pemprov Kepri Anggarkan Rp 16,5 Miliar untuk Seragam dan SPP Gratis

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 16,5 miliar untuk penyediaan seragam dan SPP gratis bagi siswa SMA sederajat tidak mampu.

Sebanyak 26.780 siswa SMA, SMK dan SLB akan mendapatkan seragam sekolah gratis berupa stelan seragam putih abu-abu dan seragam pramuka. Tak hanya itu, bagi siswa tidak mampu juga akan digratiskan dari biaya SPP.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan bahwa kebijakan ini adalah upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan dengan cara meringankan orang tua siswa agar tidak terbebani biaya membeli seragam sekolah.

“Pelan-pelan kita perbaiki pelayanan pendidikan di Kepri. Kita harap semua anak-anak di Kepri bisa sekolah. Tahun 2024 kita siapkan seragam gratis untuk SMA, SMK dan SLB, serta SPP gratis untuk siswa yang tidak mampu,” kata Ansar, Selasa (8/8/2023).

Ansar menginginkan dengan penyediaan seragam dan SPP gratis bagi siswa tidak mampu ini tidak ada lagi siswa yang putus sekolah. Karena menurutnya semua anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

“Semua anak-anak Kepri harus sekolah. Karena semua anak Kepri memiliki hak yang sama untuk itu. Melalui bangku sekolah kaderisasi terbentuk dan calon para pemimpin Kepri dimasa depan akan terjaring,” ujarnya.

Untuk pemberian seragam sekolah gratis di tahun 2024, terdiri dari SMA sebanyak 16.923 siswa dengan anggaran Rp10.153.692.000.

1 2

Berita Terkait