TERBARU

Metropolis

Tujuh Langkah Strategis Rahma – Rizha Hafiz Atasi Stunting di Tanjungpinang

GOTVNEWS, Tanjungpinang –  Dalam rangka mengatasi permasalahan stunting yang masih menjadi tantangan serius bagi kesehatan dan masa depan generasi muda di Kota Tanjungpinang, Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Rahma dan Rizha Hafiz telah menyiapkan strategi komprehensif yang lebih dari sekedar kampanye “Gemar Makan Ikan.”

Program-program yang ditawarkan bertujuan untuk menyelesaikan akar permasalahan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya bagi anak-anak dan ibu hamil.

Hal ini disampaikannya usai debat paslon Pilkada Tanjungpinang pada Sabtu (19/10/2024). Beberapa strategi konkrit atau langkah konkrit yang akan dilakukan Paslon Rahma – Rizha Hafiz diantaranya.

Pertama, Peningkatan Kualitas Gizi Melalui Program Kesehatan Terintegrasi. Rahma-Rizha Hafiz memahami pentingnya perbaikan gizi sebagai kunci utama dalam mengatasi stunting. Selain mendorong konsumsi ikan yang kaya protein dan omega-3, pasangan ini akan meluncurkan Program Gizi Seimbang yang melibatkan posyandu, puskesmas, dan tenaga kesehatan di setiap kecamatan.

Program ini mencakup distribusi paket gizi untuk ibu hamil, balita, dan anak-anak di keluarga kurang mampu, serta penyuluhan rutin mengenai pola makan sehat dan bergizi.

Kedua, Edukasi dan Pelatihan Keluarga Sehat. Selain intervensi gizi, Rahma-Rizha Hafiz juga akan mengedepankan program edukasi bagi para ibu hamil dan keluarga tentang pentingnya pola asuh yang baik sejak masa kehamilan hingga anak usia dini.

Program Keluarga Sehat dan Cerdas ini dirancang untuk meningkatkan pengetahuan orang tua tentang pentingnya asupan nutrisi yang cukup, praktik kebersihan, dan pemantauan kesehatan anak secara berkala.

Ketiga, Pembangunan Sanitasi dan Akses Air Bersih. Sanitasi yang buruk dan kurangnya akses air bersih juga menjadi penyebab utama tingginya angka stunting di berbagai wilayah. Untuk itu, pasangan Rahma-Rizha Hafiz berkomitmen meningkatkan infrastruktur dasar dengan memperluas akses air bersih dan pembangunan fasilitas sanitasi yang layak di kawasan-kawasan yang selama ini belum terjangkau. Hal ini akan didukung dengan kerja sama antara pemerintah daerah dan swasta untuk mempercepat pembangunan.

1 2

Berita Terkait