TERBARU

Wisata

Vihara Gunung Dewa Siantan Destinasi Wisata Religi Anambas Diatas Bukit

GOTVNEWS, Anambas – Vihara Gunung Dewa Siantan merupakan salah satu destinasi wisata religi memiliki pemandangan alam memukau. Objek wisata ini wajib dikunjungi jika ke Kabupaten Anambas.

Vihara Gunung Dewa Siantan berlokasi di Desa Sri Tanjung, Kecamatan Siantan, Kabupaten Anambas. Selain sebagai tempat ibadah, vihara tersebut juga menjadi destinasi wisata religi di Anambas.

Vihara Gunung Dewa Siantan berdiri kokoh di tebing berbatu dan menghadap ke laut lepas. Pengunjung dapat melihat pesona pemandangan laut biru dan Kota Tarempa yang indah.

Selain itu, suhu udara di vihara ini cukup sejuk karena dikelilingi pohon besar yang rimbun, pepohonan ini tumbuh sumbur di sekeliling vihara.

Pengunjung juga dapat bersua foto di tempat ini dengan latar belakang pemandangan yang memukau.

Agar bisa sampai di Vihara Gunung Dewa Siantan, pengunjung dapat menggunakan jasa ojek yang berada di Pasar Tarempa atau juga bisa dengan berjalan kaki.

Asal mula sejarah vihara ini dahulunya dibangun menggunakan material kayu di tepi laut, namun karena posisinya rentan terhantam gelombang laut, akhirnya tahun 1963 dipindahkan ke lokasi yang saat ini tepat berada di atas bukit .

Vihara ini memiliki tiga kubah dengan tiang-tiang yang besar ditambah aksen lukisan naga. Bangunan vihara didominasi warna merah dengan paduan warna hijau.

Dua pilar gedung juga dilapisi dengan ukiran naga mengikuti budaya asalnya, Tiongkok. Satu berwarna merah keemasan dan yang satu lagi berwarna hijau keemasan.

Jika masuk ke dalam vihara pengunjung akan melihat patung-patung dewa dan patung Budha Gautama yang berada dalam aula yang memiliki luas 16 meter persegi.

Karena letaknya diatas bukit, vihara ini memiliki puluhan anak tangga yang harus dilewati.

Tak hanya sebagai objek wisata saja, vihara ini juga digunakan sebagai tempat peribadatan warga Tionghoa yang berada di Kecamatan Siantan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Raja Heri Mokhrizal mengatakan vihara ini satu dari beragam destinasi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi karena memiliki pesona pemandangan yang memukau.

“Vihara ini menjadi lokasi wisata religi yang sering dikunjungi. Ini juga simbol toleransi beragama di Anambas dan menjadi daya tarik tersendiri untuk daerah itu,” ucapnya.

Selain itu, Hery menyebut Anambas juga kaya destinasi wisata mulai dari wisata alam, bahasi hingga religi, tentunya dengan kayaan yang dimiliki masa depan kepariwisataan Anambas akan terus berkembang.(San)

Berita Terkait