Tanjungpinang

Wali Kota Tanjungpinang Perkuat Layanan Publik dengan Digitalisasi, Fokus pada Akses Kesehatan

GOTVNEWS, TanjungpinangWali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah terus melakukan pembenahan layanan publik melalui sistem digitalisasi terintegrasi. Langkah ini diambil untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, terutama di bidang kesehatan.

Lis menjelaskan, digitalisasi ini berbasis pada integrasi data masyarakat ke dalam sistem teknologi yang canggih dan responsif. 

“Kalau data masyarakat itu sudah terintegrasi dengan sistem teknologi, saya rasa tidak akan miss dia,” ujar Lis saat ditemui pada Senin (16/6/2025).

Sebagai bagian dari upaya tersebut, Lis mengungkapkan rencana pembentukan Unit Reaksi Cepat di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berhubungan langsung dengan masyarakat, seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial. Unit ini bertugas memberikan respon cepat terhadap kebutuhan masyarakat.

“Bahwa ada unit reaksi cepatnya, untuk Dinas Kesehatan dan OPD pelayanan masyarakat, termasuk juga Dinsos,” tuturnya.

Khusus untuk sektor kesehatan, Lis menegaskan komitmen Pemko Tanjungpinang dalam menjangkau masyarakat yang memiliki keterbatasan akses ke puskesmas. Pemerintah Kota akan menghadirkan tenaga medis yang secara aktif turun langsung untuk memberikan layanan kesehatan secara terjadwal.

“Yang tidak bisa pergi berobat jangan memaksakan diri mereka harus ke puskesmas, sewa transport. Ini tidak fair, di situlah kita hadirkan dokter-dokter untuk turun langsung meninjau masyarakat secara terjadwal,” jelas Lis.

Dengan langkah ini, Pemko Tanjungpinang berharap mampu menciptakan pelayanan publik yang cepat tanggap, berbasis teknologi, dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat, termasuk yang berada di daerah terpencil atau dengan akses terbatas.

“Jadi ke depan, setiap dinas OPD terkait yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat akan memiliki unit reaksi cepat, dan semuanya akan diintegrasikan,” pungkasnya. (Aldi)

Berita Terkait