TERBARU

Berita Video

Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Anambas dan Natuna

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengkeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi di perairan Anambas dan Natuna yang mencapai 4 meter.

Berdasarakan analisis yang dikeluarkan oleh BMKG Tanjungpinang, cuaca ekstrim dengan gelombang tinggi bakal terjadi di perairan Anambas dan Natuna.

BMKG memprediksi gelombang tinggi dikisaran angka 1,25 hingga 4 meter bakal terjadi pada tanggal 25 sampai 27 November 2023. Meningkatnya gelombang laut ini disebabkan oleh adanya pola angin siklonik yang terpantau.

“Disebabkan adanya pola angin siklonik di wilayah tersebut yang bisa meningkatkan ketinggian gelombang,”kata Fadris Prakirawan BMKG Tanjungpinang.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang tinggal disekitar rawan banjir, perbukitan, dan kepada seluruh nelayan agar memperhatikan kondisi cuaca,” kata Budiman, Kasubsi Siaga dan Operasi SAR Natuna.

Sedangkan perairan laut Lingga, Karimun, Batam, Tanjungpinang dan Bintan masuk kategori tenang diangka 0,5 hingga 1,5 meter.

Kendati demikian petugas BMKG mengimbau kepada nelayan maupun kapal yang akan berlayar senantian memantau peringatan dini dari BMKG. (san)

Berita Terkait