TERBARU

Berita Video

DKPP Bintan Ingatkan Petani Waspada Dampak El Nino

GOTVNEWS, Bintan – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian atau DKPP Bintan, mengingatkan kepada petani, agar waspada terhadap dampak El Nino yang akan terjadi beberapa bulan kedepan.

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura DKPP Bintan Agus Widyamiko, mengingatkan kepada para petani agar mewaspadai dampak badai El Nino yang diprediksi akan terjadi beberapa bulan kedepan.

Menurutnya meskipun saat ini di Pulau Bintan masih terdapat curah hujan yang sporadis, namun diprediksi dua atau tiga bulan kedepan akan terdampak dari fenomena El Nino ini.

Saat ini DKPP Bintan telah mempunyai Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di setiap Kecamatan yang akan membantu tentang mewaspadai dampak fenomena itu.

Untuk itu para petani diimbau supaya menjaga strategi pola tanam yang tahan terhadap cuaca extreme.

“Meskipun saat ini belum terdampak kita mengingatkan para petani di Bintan agar mewaspadai dampak fenomena ini yang diprediksikan akan terjadi dua atau tiga bulan kedepan,” jelasnya.

Sementara itu salah satu petani di Desa Kuala Sempang Erdis Suhendri mengatakan saat ini masih banyak para petani yang masih belum mengerti terkait dampak akan bahayanya terhadap pertanian.

“Kita berharap agar pemerintah memberikan pemahaman terkait bahayanya dampak fenomena itu bagi dunia pertanian,” jelasnya.

El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan yang berakibat pada kondisi kekeringan.(Mhd)

Berita Terkait