TERBARU

Metropolis

Puluhan Personel BPBD Tanjungpinang Bersiap Hadapi Cuaca Ekstrem

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjungpinang telah menyiagakan puluhan personel yang siap dihubungi selama 24 jam guna mengantisipasi potensi bencana alam yang mungkin terjadi saat cuaca ekstrem.

“Kita siagakan 46 personel dan untuk waktu 24 jam kami ada 18 personel yang dibagi tiga regu, pagi siang dan malam dapat dihubungi 24 jam,” kata Kepala BPBD Tanjungpinang Muhammad Yamin Senin (6/11/2023).

Baca juga: BPBD Tanjungpinang Siapkan Air Bersih untuk Masyarakat Gang Nila

Yamin menyebutkan bahwa BPBD Tanjungpinang juga sedang melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai mitigasi bencana di kawasan yang rawan terjadi pohon tumbang.

Sosialisasi ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Dinas Perkim Tanjungpinang.

Upaya mitigasi bencana juga dilakukan di lokasi pemukiman warga yang rawan terjadi banjir saat hujan ekstrem melanda Tanjungpinang.

Baca juga: BPBD Tanjungpinang: Ada 2 Insiden Pohon Tumbang Imbas Cuaca Buruk

“Seperti giat melakukan gotong royong membersihkan pekarangan, meninggikan area rumah, hingga mematikan kontak listrik jika air masuk ke rumah,” tuturnya.

“Kemudian jika ada angin puting beliung dapat menghindari dari rumah-rumah yang rawan terhadap petir atapun angin puting beliung,” tambahnya.

Baca juga: BPBD Tanjungpinang Siapkan Tim Reaksi Cepat Tangani Dampak Kekeringan Imbas El Nino

Berdasarkan pengamatan BPBD Tanjungpinang, beberapa lokasi dinilai rawan terjadi banjir, seperti kawasan Anggrek Merah, Jalan Bandara Lama, dan Perumahan Taman Harapan Indah. (San)

Berita Terkait