TERBARU

GO CastProgram

Close The Care Gap-Sempena Hari Kanker se Dunia

GOTVNEWS, GO Cast – Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh, yang tidak terkendali, pertumbuhan sel yang tidak normal ini dapat merusak sel normal di area tubuh lain.


Saat ini, kanker merupakan penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia termasuk Indonesia, Kanker menjadi penyebab kematian, karena pada umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala awal pada saat perkembangannya, dan lebih banyak baru terdeteksi dan ditangani setelah mencapai stadium lanjutan.


Di Indonesia sendiri, sebagian besar pasien kanker, yang memeriksakan diri, pada saat kanker sudah mencapai stadium lanjutan, dan menjadikan 90% pasien kanker tidak mendapatkan penanganan yang optimal dan cenderung berakhir pada kematian.


Banyak factor yang menjadi penyebab permasalahan ini diantaranya adalah, mulai dari keterbatasan dana masyarakat dalam melakukan pemeriksaan rutin, hingga keterbatasan fasilitas kesehatan yang mampu melakukan skrining kanker.


Faktor ini menjadi fokus pemerintah, untuk mereformasi dunia Kesehatan. Melaui Dinas Kesehatan Provinsi Kepri edukasi kepada masyarakat diberikan, mengenai pencegahan kanker, dan deteksi kanker sedini mungkin, sebagai antisipasi resiko penyakit kanker di kemudian hari. (Tim)

Berita Terkait