TERBARU

Politik

Ansar Tegaskan Tanjungunggat Perlu Dikaji, Berkemungkinan Bisa Dijadikan Seperti Pulau Penyengat

GOTVEWS, Tanjungpinang – Calon Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyatakan penting melalukan kajian komprehensif terhadap kawasan Tanjungunggat, Tanjungpinang. Ansar menegaskan tidak menutup peluang jikanTanjunggat dijadikan kawasan pengembangan kebudayaan Melayu layaknya Pulau Penyengat.

“Tapi perlu dilakukan kajian. Saya akan minta Tim Cagar Budaya mempelajari sejarah, mengkaji agar bisa dirancang program secara serius ke Tanjungunggat, seperti Pulau Penyengat. Penyengat itu pengembangangya menggunakan dana pusat,” papar Ansar pada kampanye dialogis digelar di Tanjungunggat, Kamis (17/10/2024) malam.

Pernyataan Ansar ini menanggapi harapan disampaikan Rudy Irwansyah, tokoh masyarakat Tanjungunggat. Selain itu, Ansar juga menekankan pentingnya pemberdayaan kepemudaan yang ada di Tanjungunggat.

Pada kesempatan itu Ansar juga menyampaikan harapan agar pemuda di Tanjungpinang dapat memanfaatkan program peningkatan kapasitas dan keahlian yang telah dilaksanakan Pemprov Kepri, semisal Gedung Pusat Pelatihan di Karimun, juga BLK di Tanjungpinang.

“Anak-anak kita di Tanjungunggat juga harus terampil supaya bisa bersaing,” tambah Ansar.

Di kampanye dihadiri ratusan warga setempat, Rudy menitipkan kemajuan Tanjungunggat yang merupakan kampung tua di Kota Tanjungpinang.

“Kami mengharapkan dan percaya Pak Ansar dapat mengembalikan kejayaan Tanjungunggat dan menjadikan pemuda di sini sebagai pemuda yang berprestasi,” ujar Rudy Irwansyah, tokoh pemuda setempat.

Menurut Rudi, Tanjungunggat pada masa lampau memiliki peran penting dalam keberadaan Kerjaan Melayu Riau Lingga.

Tanjungunggat, sebagaimana tercatat dalam Tuhfat Al-Nafis karya Raja Ali Haji merupakan tempat berlangsungnya pernikahan antara Sultan Mahmud dan Engku Putri.

“Ini menandakan Tanjungunggat pernah berperan penting terhadap peradaban di Tanjungpinang. Kami menitipkan ini kepada Pak,” kata Rudy lagi. (*)

Berita Terkait