TERBARU

Berita Video

Coklit Kota Tanjungpinang Capai 100 persen, Ada 1.535 Orang Pemilih Baru

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Proses pencocokan dan penelitian atau Coklit data pemilih yang dilakukan oleh KPU Kota Tanjungpinang telah mencapai 100 persen. Saat ini KPU Tanjungpinang tengah merekapitulasi hasil Coklit.

Proses tahapan Coklit atau pemutakhiran data pemilih di Kota Tanjungpinang telah rampung 100 persen, proses ini ditutup oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad sebagai warga terakhir yang didata oleh Pantarlih pada 14 Maret 2023.

Komisioner KPU Kota Tanjungpinang, Muhammad Hafidz Diwa Prayoga menjelaskan, saat ini PPK tengah merekapitulasi data yang telah dihimpun sejak 12 Februari lalu tersebut, hasil rekapitulasi tersebut ditargetkan akan rampung pada bulan April mendatang, untuk dijadikan sebagai Data pemilih sementara (DPS).

Yoga menjelaskan, dari data yang dihimpun, untuk sementara ini terdapat 1.535 orang pemilih baru, sementara itu data temuan pemilih yang meninggal dunia terdapat 343 orang.

“Saat ini tahapan yang kita jalani sekarang adalah rekapitulasi data Coklit, kemudian kita targetkan ini selesai pada April mendatang, untuk kita lanjutkan ke tahapan penentuan DPS hingga ke tahap DPT,” jelas Prayoga.

KPU Tanjungpinang menargetkan penetapan Daftar pemilih tetap (DPT) pada 19 Juni mendatang untuk penyelenggaraan Pemilu tahun 2024.

Berikut hasil temuan sementara yang didapatkan KPU Tanjungpinang saat tahapan Coklit 2023 :

Warga meninggal dunia : 343 orang

Warga yang beralih menjadi TNI : 66 orang

Warga yang beralih menjadi Polisi : 33 orang

Warga pindah domisili : 1.100 orang

Warga yang kuliah luar daerah : 93 orang

Warga yang menjalani Hukuman di Lapas : 47 orang

Pemilih baru : 1.535 orang(Drl)

Berita Terkait