TERBARU

Wisata

Deretan Objek Wisata di Pusat Bisnis Batam Kota

GOTVNEWS, Batam – Sebagai pusat terpadu Kawasan bisnis dan perdagangan di Kota Batam. Wilayah Batam Kota juga terdapat berbagai obek wisata seru yang sayang untuk dilewatkan.

Batam Kota adalah sebuah Kecamatan di Kota batam, wilayah ini terletak di jantung Kota Batam yang memiliki berbagai fasilitas lengkap mulai dari perkantoran, industri, perumahan, hiburan, olahraga hingga rumah ibadah.

Di Batam Kota uga terdapat dua Mall besar yang berdiri megah yakni Megah Mall Batam Center dan One Batam Mall, selain itu juga Pelabuhan feri internasional untuk memudahkan akses bagi wisatan dari manca negara untuk berkunjung di Kota Batam.

Meskipun terkenal sebagai pusat bisnis dan pedagangan, Batam Kota juga terdapat berbagai objek wisata, berikut objek wisatanya:

Maha Vihara Duta Maitreya

Maha Vihara Duta Maitreya merupakan vihara terbesar tidak hanya di Batam, melainkan juga vihara terbesar di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara. Vihara ini berlokasi di Kompleks Maha Vihara Duta Maitreya Bukit Beruntung, Sungai Panas, Kota Batam.

Vihara ini mememilki 3 Graha Besar yang mejadikan ikon utama yang dimiliki Maha Vihara Duta Maitreya. Graha tersebut antara lain adalah Graha Bodhisatwa Avalokitesvara, Graha Buddha Sakyamuni, dan juga Graha Bodhisatwa Satyakalama.

Selain itu pada didnding bangunan Vihara terdapat keramik yang diukir dengan gambar dan cerita dari Buddha dan Bodhisatwa.
Cerita Buddha dan Bodhisatwa tersebut diukir dengan aksara mandarin, dan ukiran ini berisi tentang perjalanan Buddha dan Bodhisatwa semasa hidupnya.

Dataran Engku Putri

Dataran Engku Putri Batam atau yang dikenal sebagai Alun-Alun Kota Batam, yang merupakan sebuah ruang terbuka hijau, yang dibangun disekeliling area pemerintahan dan perekonomian di Batam.

Di taman ini, pengunjung akan menemukan beragam fasilitas seperti arena bola basket, lapangan sepak futsal, taman skate.

Terdapat juga masjid yang terkenal, Masjid Raya Batam, pengunjung dapat menemukan restoran dan pusat perbelanjaan disekitar Dataran Engku Putri. Disini juga digunakan untuk beberapa acara, seperti perayaan tahun baru dan acara lainnya di Batam.

Mega Wisata Ocarina

Ocarina merupakan tempat wisata yang terletak di daerah pasir putih. Objek wisata ini menawarkan berbagai keseruan wisata dalam satu kawasan.

Mega Wisata Ocarina menyajikan perpaduan wisata alam pantai, wisata kuliner, dan ragam wahana kekinian dalam satu kawasan yang sama, serta bernuansa modern.

Di lahan permainan ini juga disediakan wahana hiburan bianglala raksasa yang bisa digunakan untuk melihat keindahan Kota Batam dari ketinggian yang berputar-putar.

Pemandangan yang dilihat dengan menggunakan bianglala raksasa pada malam hari akan terasa lebih indah. Gemerlap Kota Batam dapat dilihat secara langsung dari atas bianglala tersebut.

Masjid Raya Batam

Masjid Raya Batam merupakan masjid yang paling besar di Batam.Pesona yang dimiliki oleh masjid ini memang sangat kuat hingga mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung kesini.

Masjid yang satu ini mempunyai kubah yang bentuknya sangat unik karena desainnya sendiri berupa limas segi empat ataupun menyerupai piramida, ruangan salat di Masjid Raya Batam ini berupa petaran utama, karena mempertimbangkan arsitektural dan topografi yang letaknya lebih tinggi dari jalan masuk

Selain itu Masjid Raya Batam terdapat kolam air mancur yang digunakan untuk tempat berwudhu bagi jamaah,Masjid ini juga mampu nampung ribuan jamaah karena luas bangunan masjid ini kurang lebih sekitar 700 meter.

Taman Mini Golden City

Taman Mini Indonesia berada di Batam Golden City Bengkong, menampilkan sejumlah rumah adat berukuran mini yang ada di Provinsi se-Indonesia, terbentang di area sekira 80 meter kali 60 meter.

Rumah adat dibangun di pinggir jalan yang berbentuk lingkaran dan berkelok-kelok, TMI ini juga tampak terjaga kebersihan dan keasriannya, di samping sepanjang jalan terdapat rumah adat berukuran mini itu, seakan membawa kita ke seluruh Nusantara.

Selain rumah adat, juga terdapat sejumlah rumah ibadah, seperti Masjid Raya Batam, Kelenteng, Pura, Vihara dan Gereja.

Pelaksana Tugas Dinas Priwisata Provinsi Kepri, Raja Hery Mokhrizal, mengatakan, karena konsep terpadunya Kawasan Batam Center ditetepkan Gubernur Kepri Ansar Ahmad sebagai Kawasan stategis pariwisata di Kepri.

Heri menyebut, sebagai pusat terpadu Kawasan bisnis dan perdagangan di Kota Batam, Batam Center juga memiliki destinasi wisata sarat akan edukasi.

“Terdapat beberapa objek wisata. Diantaranya Maha Vihara Duta Maiteya Buddhist Temple, yang merupakan Vihara terbesar di Asia Tenggara,” jelasnya.(San)

Berita Terkait