TERBARU

Ekonomi

Harga Sayur Mayur di Pasar Barek Motor Kijang Naik

GOTVNEWS, Bintan – Harga sayur mayur di Pasar Barek Motor Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, naik drastis sejak sepekan terakhir, Senin (6/2/2023).

Salah seorang pedagang, Zami mengatakan penyebab naiknya harga sayur mayur ini lantaran dipengaruhi oleh curah hujan yang tinggi selama 2 pekan terakhir sehingga banyak sayuran yang rusak dan busuk.

“Karena cuaca hujan terus jadi banyak sayur cepat busuk, akhirnya harganya sayur mayur mahal stoknya tak ada,” ujarnya.

Kenaikan harga sayur bahkan mencapai Rp 5 ribu setiap jenisnya, seperti sayur Bayam yang dibandrol dengan harga Rp 15 ribu per kg dari sebelumnya Rp 10 ribu per kg, begitu pula dengan sayur kangkung, sawi dan sayur kacang panjang.

“Semua naik sampai Rp 5 ribu kayak kangkung, sawi, bayam, kacang panjang dari 10 ribu sampai dengan Rp 15 ribu per kg,” tuturnya.

Berbeda dengan harga sayuran harga cabai dan bawang cenderung stabil bahkan mengalami penurunan.

“Untuk cabai ada penurunan, seperti cabai merah yang turun dari Rp 60 ribu saat ini Rp 55 ribu, cabai rawit dijual Rp 50 ribu dari sebelumnya Rp 54 ribu, cabai hijau Rp 30 ribu dari Rp 35 ribu,” tambahnya.

Sementara itu harga bawang-bawangan masih terpantau normal, yakni bawang india dijual Rp 15 ribu, bawang birma Rp 25 ribu, bawang jawa Rp 38 ribu dan bawang putih Rp 22 ribu per kg.

Untuk harga komoditas sayur lainnya juga masih terpantau normal seperti wortel Rp 16 ribu, Tauge Rp 8 ribu, serta sayur gambas Rp 10 ribu per kg.(Mhd)

Berita Terkait