TERBARU

Berita Video

Klarifikasi Dirut Garuda soal Pesawat Bawa Jamaah Haji Terbakar di Makassar

GOTVNEWS, Makassar – Pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut 450 calon jamaah haji asal Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) terpaksa melakukan pendaratan darurat usai mesin pada sayap sebelah kanan terbakar.

Pesawat dengan kode GIA 1105 rute Makassar-Madinah itu terbakar beberapa saat setelah 10 menit lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Kabupaten Maros, Sulsel, pada Rabu (15/5/2024).

Diduga sayap kanan pesawat mengeluarkan api dan asap akibat mengalami kerusakan pada bagian mesin.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyebut, saat itu kru pesawat segera melakukan Return to Base (RTB) sebagai langkah cepat guna memitigasi risiko pada penerbangan tersebut.

Pesawat tipe Boeing 747-400 itu akhirnya mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin sekitar pukul 17.07 WITA setelah sempat holding selama 30 menit di udara.

Kemudian, para calon jamaah telah diberangkatkan dari Bandara Sultan Hasanuddin, pada Rabu (15/5/2024) sekitar pukul 22.02 WITA, dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah, pada Kamis (16/5/2024) pukul 03.40 LT.

Diketahui, Penerbangan tersebut mengangkut sedikitnya 450 penumpang, yang merupakan rombongan calon jemaah haji kloter 5 asal embarkasi Makassar serta 18 awak pesawat. (frh)

Berita Terkait