TERBARU

Berita Video

Kuliner Lezat Khas Kabupaten Lingga Berbahan Dasar Olahan Sagu, Apa aja ya?

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Sagu merupakan salah satu komoditas paling melimpah yang terdapat di Provinsi Kepulauan Riau, terutama di daerah Kabupaten Lingga. Hal ini tentunya membuat Kabupaten Lingga mempunyai segudang kuliner khas yang berbahan dasar olahan sagu.

Penasaran Apa saja kuliner khas olahan sagu tersebut? Simak liputannya berikut ini.

Kabupaten Lingga merupakan salah satu daerah penghasil sagu terbesar di pulau Sumatera, yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya di Ibu Kota Daik Lingga.

Kabupaten Lingga memiliki potensi lahan tanaman sagu seluas sekitar 2.700 hektar, yang tumbuh secara alami sejak zaman kerajaan Riau Lingga dan tersebar di 12 wilayah desa. Jumlah produksi sagu sekitar 7.898 ton per tahun.

Oleh karena itu, tak heran jika di daerah ini banyak ditemui aneka kuliner yang berbahan dasar olahan sagu.

Berikut ini adalah 5 jenis makanan dari olahan sagu yang paling banyak digemari oleh masyarakat dan sudah terkenal sejak zaman Kesultanan Riau Lingga.

1. Gubal Sagu

Gubal Sagu adalah makan khas Melayu Kepulauan Riau khususnya di daerah Dabo Singkep dan Daik Lingga. Kuliner satu ini, terbuat dari bahan dasar olahan sagu basah yang disangrai bersama parutan kelapa dan dimakan bersamaan dengan gulai ikan. Biasanya gubal sagu dijadikan sebagai makanan pengganti nasi.

2. Bubur Lambok

Bubur yang satu ini terbuat dari bahan dasar olahan sagu yang dilenggang dan digongseng hingga menjadi sagu lenggang, kemudian dimasak bersama dengan bumbu perencah seperti udang, cumi, ikan teri, dan sayur rampai. Ciri khas dari bubur lambok ini adalah cita rasanya yang pedas dan gurih di lidah.

3. Kepurun

Kepurun terbuat dari olahan sagu yang diberi kuah bumbu yang ditumbuk halus. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan kuliner papeda yang berasal dari daerah Maluku dan Papua. Kepurun biasanya dihidangkan ketika siang hari terutama disaat musim panas.

4. Kue Lampam

Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu yang diolah menjadi roti yang sangat lezat dengan cita rasanya yaitu lemak manis dan gurih. Biasanya kue lampam dibuat dengan menggunakan isian selai nanas ataupun tanpa isi alias kosong. Kue ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh karena masa ketahanannya yang mencapai hingga 1 bulan.

5. Lempeng sagu

Lempeng Sagu adalah makanan khas Kabupaten Lingga yang berbentuk seperti Pizza. Namun bedanya, lempeng sagu ini hanya terbuat dari bahan dasar utama yakni sagu basah dan juga kelapa. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kuah ikan gulai, atau kuah ikan masak asam yang merupakan ciri khas masakan masyarakat Melayu. (Frh)

Berita Terkait