TERBARU

Wisata

Menyelami Pesona Keindahan Surga Bawah Laut di Eko Wisata Mapur Bintan Provinsi Kepri

GOTVNEWS, Bintan- Pulau Bintan, Kepulauan Riau sangat terkenal akan destinasi wisata yang indah dan menakjubkan. Salah satunya yaitu Pulau Mapur yang berada di Kecamatan Bintan Pesisir ini menyuguhkan pesona wisata bahari yang menawan.

Pulau Mapur merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini sangat terkenal akan pesona wisata baharinya yang sangat menakjubkan.

Untuk menuju ke pulau ini terlebih dahulu menempuh perjalanan darat menuju Teluk Bakau. Ada penyeberangan dari Dermaga Teluk Bakau ke Pulau Mapur menggunakan speedboat dengan waktu tempuhnya sekitar 40 menit.

Pulau Mapur menjadi surganya bagi para pecinta diving ataupun snorkeling yang menyukai petualangan di dunia bawah laut.

Dengan keindahan ekologis yang masih alami berupa hutan, pantai, serta ekosistem laut yang dimilikinya, pulau ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bukan hanya dijadikan sebagai destinasi wisata saja, namun pulau ini juga merupakan tempat belajar bagi pengunjung yang tertarik akan dunia konservasi kelautan.

Pulau Mapur termasuk dalam salah satu tempat wisata berbasis masyarakat di Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Bintan.

Menyelami Pesona Keindahan Surga Bawah Laut di Eko Wisata Mapur Bintan Provinsi Kepri.
Menyelami Pesona Keindahan Surga Bawah Laut di Eko Wisata Mapur Bintan Provinsi Kepri. Foto: GenPi Bintan.

Selain dapat menikmati keindahan bawah laut, wisatawan juga diajak berpartisipasi dalam aktivitas pelestarian hewan dan lingkungan, seperti kegiatan transplantasi karang serta pelepasan anak penyu alias tukik.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti mengatakan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad telah menetapkan Pulau Mapur sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata dan daya tarik wisata di Kepri sebagai panduan pengembangan sektor pariwisata.

Hal itu tertuang surat keputusan Nomor 1263 tahun 2022tentang Destinasi Pariwisata, Kawasan Strategis Pariwisata dan Penetapan Daya Tarik Wisata.

Penetapan ini bertujuan memajukan kesejahteraan masyrakat, meratakan kesempatan berusaha dan optimalisasi potensi ekonomi dan karakteristik daerah.

“Serta untuk mengankat dan melindungi nilai nilai budaya, agama, adat istiadat, dan mejaga kelestrarian alam,” ucapnya.(Zpl)

Berita Terkait