TERBARU

Berita Video

Pemerintah Bentuk Satgas Penurunan Harga Tiket Pesawat

GOTVNEWS, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan bahwa pemerintah telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) penurunan harga tiket pesawat sebagai salah satu upaya untuk menciptakan harga tiket yang lebih efisien di Indonesia.  

Satuan Tugas (Satgas) tersebut terdiri dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), serta Kementerian/Lembaga (K/L) terkait lainnya.

Menurut Sandiaga Uno, ada beberapa aspek yang menyebabkan harga tiket pesawat di Indonesia menjadi mahal. Selain bahan bakar Avtur, beban pajak hingga beban biaya operasional juga menjadi faktor penyebab mahalnya harga tiket pesawat di dalam negeri.

Pihaknya bersama kementerian/lembaga akan mengkaji kebijakan tersebut guna memastikan agar industri penerbangan di Indonesia lebih efisien seperti industri penerbangan di luar negeri.

Sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan juga mengungkapkan harga tiket pesawat di Indonesia tercatat paling mahal kedua di dunia setelah Brasil.

Menurut Luhut, mahalnya harga tiket pesawat di Indonesia disebabkan karena dampak melonjaknya aktivitas penerbangan pasca-meredanya pandemi Covid-19.(Frh)

Berita Terkait