TERBARU

Berita Video

Penjelasan KPU Setop Tayangkan Diagram Perolehan Suara Pemilu di Sirekap

GOTVNEWS, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak lagi menampilkan diagram perolehan suara pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) 2024.

Berdasarkan pantauan real count Sirekap di website KPU, diagram perolehan suara Pilpres yang biasanya ditampilkan di laman Sirekap kini telah menghilang. Begitupun dengan chart hasil perolehan suara Pileg DPR, DPRD dan DPD.

Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik mengatakan, saat ini KPU hanya akan menampilkan bukti otentik perolehan suara. Oleh sebab itu, Sirekap hanya menampilkan foto formulir model C Hasil pleno.

Hal ini dikarenakan tingginya tingkat kekeliruan pembaca oleh Sirekap yang menyebabkan, data perolehan suara tidak sesuai dengan hasil di TPS hingga menimbulkan kesalahpahaman publik.

Selain itu, kebijakan tersebut dibuat lantaran saat ini rekapitulasi suara telah selesai dulakukan di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU kabupaten/kota.

Idham mengatakan, fungsi utama Sirekap untuk publik adalah publikasi foto formulir model C Hasil pleno. Dengan tampilan baru ini, KPU berharap formulir model C Hasil pleno di Sirekap mulai lebih diperhatikan. (frh)

Berita Terkait