Dalam upaya percepatan perbaikan, tiga alat berat telah dikerahkan ke lokasi kejadian. SPAM BP Batam juga berkomitmen untuk melakukan pengecekan menyeluruh terhadap sambungan pipa lainnya guna mencegah kejadian serupa di masa depan.
“Estimasi waktu perbaikan belum dapat dipastikan, namun kami akan bekerja siang dan malam hingga selesai. Harapan kami adalah menyelesaikan perbaikan dalam kurun waktu kurang dari 24 jam,” ungkap Djohan.
Pipa yang terputus ini tidak hanya berdampak pada pasokan air di sekitar Taman Baloi, tetapi juga memengaruhi pelanggan di Jalur Sukajadi, Kepri Mall, Orchid, Jalur Plamo, Bengkong Nusantara, Batam Centre, Panbil, KDA, dan sekitarnya.
Untuk mengatasi dampak terhadap warga, SPAM BP Batam menyediakan mobil tangki air bersih bagi pelanggan yang mengalami gangguan suplai air hingga 1×24 jam. Layanan ini dapat dikoordinir oleh Ketua RT/RW/Kelurahan setempat.
Warga yang terdampak diimbau untuk menghemat penggunaan air dan bersabar hingga perbaikan selesai. Informasi lebih lanjut dapat disampaikan melalui layanan resmi kepelangganan Air Batam Hilir.(*)