TERBARU

Wisata

Pesona Gunung Ranai, Destinasi Wisata Geopark Natuna

GOTVNEWS, Natuna – Bagi pecinta alam Pulau Natuna memiliki gunung yang masuk dalam kawasan wisata Geosite Geopark nasional, yaitu Gunung Ranai. Gunung ini memiliki pesona alam memukau.

Gunung Ranai berada di Pulau Bunguran, Kelurahan Ranai Darat, Kecamatan Bunguran Timur. Jarak gunung ini dari pusat Kota Ranai sekitar 10 kilometer.

Gunung ini merupakan gunung dataran rendah sebab memiliki tinggi berkisar antara 300-1.035 meter mdpl.

Meskipun begitu, gunung ini masuk sebagai kawasan Geosite Geopark nasional, hal itu ditandai dengan penyerahan sertifikat dari Komite Nasional Geopark Indonesia pada akhir November 2022 lalu.

Gunung ini merupakan tempat habitat satwa dan fauna langka di Pulau Natuna. Bahkan di puncak gunung terdapat bongkahan besar batu granit yang memiliki warisan geologi.

Bagi pecinta alam, gunung ini sangat cocok untuk didaki terlebih bagi untuk para pemula, hutannya masih terjaga secara asri, itu bisa dilihat dengan tumbuhnya pohon dan rimbun disekitar gunung.

Untuk mencapai puncak, para pendaki harus melampaui tiga puncak berupa tebing batu dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Puncak pertama bernama Puncak Serendit dengan ketinggian 968 meter dpl. Puncak ini merupakan gugusan tebing dengan tinggi mencapai 100 meter.

Kemudian puncak pendakian berikutnya yakni Erik Samali yang berada pada ketinggian 999 meter dpl. Puncak ini merupakan tebing kedua dengan tinggi tebing sekitar 150 meter.

Pada ketinggian tertentu, para pendaki akan menemukan tipe-tipe vegetasi, yang memperlihatkan ciri khas pegunungan dataran atas atau gunung dengan ketinggian rata-rata 2.000 meter dpl.

Sementara puncak ketiga (puncak tertinggi) bernama Puncak Datuk Panglima Husin, terletak pada ketinggian 1.035 meter dpl. Seperti dua puncak sebelumnya, Puncak Datuk Panglima Husin juga merupakan tebing dengan ketinggian kira-kira 200 meter.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Raja Hery Mokhrizal, mengatakan, dengan pesona yang ditawarkan kawasan Natuna yang bertemakan geopark, telah ditetapkan Pemprov Kepri sebagai destinasi pariwisata, kawasan strategis pariwisata dan daya tarik wisata di Kepri.

“Kawasan Ranai, menjadi salah satunya. Kemudian, Gunung Ranai menjadi salah satu geosite di kawasan geopark Natuna,” ucapnya.

Sebagai kawasan wisata, Gunung Ranai memilki berbagai fasilitas penunjang antaranya mushola dan tempat parkir untuk rute pendakian menuju Air Terjun Gunung Ranai.(San)

Berita Terkait