TERBARU

Serba-serbi

Puluhan Siswa di Kepri Ikuti Seleksi Calon Paskibraka

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Puluhan siswa mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat Provinsi dan pusat yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang dilaksanakan mulai dari tanggal 2 – 3 Mei 2023 di Hotel Comforta Tanjungpinang.

Seleksi calon Paskibraka ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, Adi Prihantara pada Selasa (2/5/2023) lalu.

Dalam sambutannya, Sekda Provinsi Kepri, Adi Prihantara menyampaikan bahwa pemuda menjadi ikon penting dalam menyambut dan membuat langkah strategis guna perubahan kehidupan global.

“Maka diperlukan usaha bersama membangun pemuda sebagai bibit unggul untuk membangun masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik,” ucapnya.

Ia berharap anggota Paskibraka yang terpilih baik untuk tingkat provinsi ataupun tingkat pusat dapat menjadi salah satu kompenen youth power, sebagai solusi atas krisis kepemudaan Indonesia di era globalisasi.

Selain itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Riau, M. Ikhsan menyampaikan tahapan seleksi calon Paskibraka tingkat Provinsi Kepulauan Riau dan tingkat pusat sudah berbasis online yaitu melalui aplikasi transparansi Paskibraka.

Adapun jumlah peserta seleksi Calon Paskibraka untuk tingkat Provinsi Kepulauan Riau dan tingkat Pusat Tahun 2023 yaitu sebanyak 65 orang yang berasal dari 6 Kabupaten/Kota.

“Masing-masing Kabupaten/Kota telah melakukan seleksi dan mengirimkan peserta untuk seleksi tingkat Provinsi dengan rincian Kota Tanjungpinang 26 orang, Kota Batam 10 orang, Kabupaten Bintan 10 orang, Kabupaten Karimun 12 orang, Kabupaten Lingga 5 orang dan Kabupaten Kepulauan Anambas 2 orang,” paparnya.

Sementara itu, Khusus untuk perwakilan Natuna, seleksi calon Paskibraka akan digelar mulai dari tanggal 8 – 11 Mei 2023 mendatang di Kabupaten Natuna.

Proses seleksi yang ditempuh oleh calon anggota Paskibraka ini dimulai dari tahap tes kesehatan, psikotes, tes kepribadian, tes peraturan baris-berbaris (PBB) dan kesamaptaan, tes pancasila dan wawasan kebangsaan, serta tes intelegensia umum.

Salah satu peserta seleksi calon Paskibraka Pajri (16) siswa asal SMA N 2 Tanjungpinang, mengaku sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi calon Paskibraka dengan cara giat berlatih dan belajar.

“Saya mempersiapkan diri selama satu bulan untuk ikut seleksi ini dengan memperbanyak latihan fisik seperti lari, push up, sit up, dan shuttle run, kemudian latihan soal pengetahuan wawasan kebangsaan, intelegensia umum, dan psikotes,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta lainnya yaitu Fidelya (16) siswa asal sekolah SMA N 4 Tanjung Balai Karimun, mengaku dengan adanya tes melalui sistem Aplikasi Transparansi Paskibraka ini tentunya telah sangat mempermudah dirinya.

“Dengan adanya test seperti ini tentunya sangat memudahkan saya sebagai peserta, karena setelah tes hasilnya bisa langsung terlihat,” katanya.

Ia juga mengatakan motivasi dirinya ingin mengikuti seleksi calon Paskibraka adalah karena terinspirasi dari kakak kelasnya.

“Saya ikut seleksi paksibraka karena terinspirasi dari kakak kelas saya sebelumnya yang pernah menjadi Paskibraka tingkat nasional”, tambahnya.

Adapun pengumuman hasil calon peserta Paskibraka yang terpilih untuk tingkat Provinsi dan Pusat akan diumumkan pada tanggal 13 Mei 2023 yang dapat diakses melalui website resmi https://paskibraka.bpip.go.id.(Frh)

Berita Terkait