TERBARU

Serba-serbi

Serunya Pameran Budaya Patah Balek ART Exhibition 2023

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Pusat Seni dan Budaya (PSB ) Putri Payung Kota Tanjungpinang menggelar Patah Balek ART Exhibition 2023, Sabtu (12/8/2023).

Berlokasi di Satu Rasi Coffe Deler, Jalan D.I Panjaitan, Melayu Kota Piring, berbagai kalangan dan kelompok usia berkumpul menyaksikan pameran budaya lintas agama yang di pelopori PSB Putri Payung Tanjungpinang bersama Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IV.

Pameran budaya Patah Balek ART Exebition 2023 mengangkat teman pameran budaya dimanaruma-Nya tersebut, dibuka dengan acara diskusi tentang nilai toleransi bersama berbgai narasumber lintas agama, profesi fotografer serta sejarawan.

Sekretaris Pusat Seni dan Budaya (PSB ) Putri Payung Kota Tanjungpinang, Netinilawati mengatakan, pameran ini bertujuan untuk mengembalikan lagi ingatan kita tentang cagar budaya yang ada di Kota Tanjungpinang.

“Ada 5 cagar budaya yang mungkin kita sudah sedikit lupa di Kota Tanjungpinang kita ingatkan kembali melalu pameran ini, seperti kelenteng akar, Masjid Agung Al Hikmah, Vihara Dharma Sasana, Gereja Katolik Dipenorogo dan Gereja ayam,” katanya.

Neti berharap melalui acara ini generasi muda dapat mempelajari kembali nilai-nilai yang tersimpan pada bangunan cagar budaya tersebut.

Sehingga kultur toleransi agama dapat menjaga semangat hidup berdampingan yang lebih erat kembali.

“Kita dari PSB Putri Payung Tanjungpinang juga siap menjadikan wadah bagi generasi muda untuk berkarya dan untuk para orang tua biarkan anak berkarya karena dengan karya anak dapat menciptakan hasil,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IV, Jumari mengapresiasi semangat para generasi muda dalam mendorong toleransi beragama di era digital saat ini.

“Kita juga memberikan fasilitas kepada anak muda untuk bisa mewujudkan dan memberi warna,” ujarnya.

Melalui karya di yang ditampilkan diharapkan timbul bibit- bibit positif yang dapat menjadikan kota ini tidak hanya dikenal sebagai kota yang toleransi akan agama namun juga karya seni yang dihasilkan.

Sebagaimana diketahui, Patah Balek ART Exhibition 2023 digelar selama dua hari kedepan mulai tanggal 12- 13 Agustus 2023.
Acara ini memamerkan berbagai foto dari 5 cagar budaya baik interior maupun eksterior.

Selain itu, juga dalam pameran ini menampilkan karya seniman maupun komunitas yang ada di Tanjungpinang seperti viar Pulau Penyengat, kerajinan tangan, tulisan arab melayu maupun ukiran tulisan budaya Tionghoa hingga koleksi buku budaya.(San)

Berita Terkait