TERBARU

Metropolis

Uji Sampel Takjil, Dinkes Tanjungpinang Tak Temukan Zat Berbahaya

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanjungpinang mulai melakukan pengawasan dan pemriksaan terhadap makanan takjil disejumlah tempat sentral makanan hingga 3 April 2024 mendatang.

Kepala Dinkes Tanjungpinang, Rustam mengatakan, pengawasan yang dilakukan meliputi keamanan makanan dari bahan-bahan pengawet dan pewarna berbahaya seperti formalin, boraks, Rhodamin B dan metanil yellow.

Rustam menyebutkan, dari hasil pengawasan yang dilakukan penjualan takjil di Jalan arah Bandara RHF Kota Tanjungpinang, dan dari 20 sampel yang diambil dan diperiksa penjualan takjil disana hasilnya negatif semua.

“Alhamdulillah semua sampel aman, artinya pedagang bazar sudah sadar untuk tidak menggunakan zat berbahaya itu untuk makanan,” katanya Selasa (19/3/2024) kemarin.

Selain melakukan pemeriksaan sampel makanan, tim pengawas juga memberikan bimbingan dan edukasi tentang higiene dan penanganan makanan yang sehat.

“Kita juga memberikan bimbingan, dan edukasi tentang higiene dan penanganan makanan yang sehat kepada para pedagang takjil,”jelasnya.(San)

Berita Terkait