TERBARU

Metropolis

200 Personel Gabungan di Tanjungpinang Siaga Cegah Karhutla

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polresta Tanjungpinang menggelar apel siaga bertempat di halaman Mapolresta Tanjungpinang, Kamis (4/5/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakapolresta Tanjungpinang, AKBP Arief Robby Rachman dan didampingi Asisten I Pemko Tanjungpinang Muhammad Yatim.

Wakapolresta Tanjungpinang, AKBP Arief Robby Rachman mengatakan, kolaborasi ini dilakukan bertujuan agar satu pintu dan satu visi – misi dalam menangani terjadi kebakaran hutan dan lahan di Tanjungpinang.

Kolaborasi ini melibatkan 200 personel gabungan diantara TNI/Polri, BPBD, Damkar, Basarnas serta instansi lainnya.

“Di Tanjungpinang ada sejumlah titik rawan yang kita awasi, seperti di kawasan Dompak, Senggarang, kawasan Hutan Lindung di Pancur dan kawasan Batu 9,” kata dia.

Selain itu, lanjut Robby, sejumlah peralatan penanganan Karhutla telah disediakan mulai dari mobil tangki dengan kapasitas 1.000 hingga 5.000 untuk menampung air, kendaraan bermotor untuk reaksi cepat, serta peralatan yang mendukung lainnya.

“Saya harap masyarakat tidak membuka lahan dengan cara dibakar, jika kedapatan maka akan diberikan Sanksi tegas yakni proses hukum,” jelas dia.(San)

Berita Terkait