TERBARU

Metropolis

Sekda Tanjungpinang Jelaskan Penyebab Insentif Nakes Tertunggak hingga Rp 1 Miliar

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat mengatakan masih mencarikan solusi atas tunggakan insentif tenaga kesehatan senilai Rp 1 miliar lebih.

Menurutnya saat ini ada 123 tenaga kesehatan (Nakes) yang belum dibayarkan insentifnya.

“Penyebab ini, kata dia membuat insentif nakes senilai Rp. 1.005.000.000 tidak sempat dianggarkan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023,” jelasnya, Jumat (29/9/2023).

Zulhidayat mengatakan akan berkoordinasi dengan Badan Pengawasan dan Keuangan (BPKP) setempat, soal membayar insentif nakes menggunakan anggaran BLUD RSUD Tanjungpinang.

“Kalau regulasi ini memungkinkan. Akan kita bayarkan menggunakan anggaran BLUD, kebetulan anggaran BLUD cukup tersedia,” ungkapnya.

Namun jika langkah tersebut tidak diperkenankan, maka Pemko Tanjungpinang akan menganggarkan penunggakan insentif nakes di APBD 2024.

Zulhidayat menjelaskan strategi yang satu ini cukup memakan waktu yang lama. Selain itu, kata dia penunggakan insentif nakes tidak hanya terjadi di Tanjungpinang, melainkan juga terjadi di beberapa daerah lain.

“Ada 123 nakes, semuanya di RSUD Tanjungpinang, total ada 1.005.000.000 miliar,” ungkapnya.(Zpl)

Berita Terkait