TERBARU

Berita Video

Melihat Peluang Investasi dan SDM Lokal dalam KEK dan FTZ di Kepri

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Universitas Batam (UNIBA) menggelar seminar nasional di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Tanjungpinang, Jumat (3/3/2023) pagi. Dalam seminar ini, Gubernur Kepri, Wakil Menteri perdagangan serta kepala Bank Riau Kepri Syariah perwakilan Kepri menjadi narasumber.

Inilah suasana seminar nasional yang digelar oleh Uniba, tampak ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Kepri antusias mengikuti secara langsung seminar.

Tema seminar kali ini adalah ‘Peluang investasi dan SDM lokal di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Free trade zone (FTZ) pasca berlakunya UU Ciptaker’ tersebut.

Secara total jumlah peserta yang mengikuti seminar ini sekitar 1000 orang.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad memaparkan potensi – potensi Kepri dan perkembangannya, terutama dalam bidang peningkatan ekonomi, khususnya di kawasan FTZ dan KEK.

“Kita punya 3 KEK, salah satunya ada di Kawasan Galang Batang, Bintan, daerah ini sudah dinyatakan sebagai KEK yang cepat berkembang oleh Pemerintah Pusat, maka hendaknya kita menyikapi potensi ini dengan bersinergi antara dunia pendidikan, perbankan, pengusaha serta pemerintah, untuk menyiapkan SDM lokal yang mampu mengelola ini dengan baik dan profesional,” jelas Ansar Ahmad.

Ansar berharap, sinergitas dunia pendidikan melalui akademisi dengan pemerintah daerah serta pihak terkait lainnya dapat meningkatkan ekonomi daerah.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga juga berkesempatan mengisi materi seminar nasional secara Daring.

Kemudian materi seminar diisi juga oleh Kepala BRKS Kepri, Andi Buchari yang memaparkan peranan perbankan dalam peningkatan potensi UMKM atau ekonomi kerakyatan.

“Alhamdulillah acara ini berjalan sukses dan seperti yang disampaikan pak Gubernur tadi, kita harapkan melalui seminar ini kita bisa terus bersinergi membangun SDM lokal yang profesional demi mendukung pembangunan Kepri yang lebih maju,” kata Hasan.

Potensi Kepri sebagai provinsi yang memiliki sumber daya alam yang kaya, baik dari sisi pertambangan, wisata hingga kemaritiman.

Potensi ini menuntut Kepri harus menyiapkan SDM lokal yang handal di bidangnya, baik melalui dunia perkuliahan hingga pemanfaatan balai pelatihan kerja. (Drl)

Berita Terkait