TERBARU

Metropolis

Prakiraan Cuaca Tanjungpinang dan Bintan, Sepekan Kedepan Masih Diguyur Hujan

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Prakiraan cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan diperkirakan masih terus diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Pantauan BMKG, kondisi ini diperkirakan terjadi hingga pekan depan.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Hayu Nur Mahron menjelaskan, prakiraan cuaca di Tanjungpinang dan Bintan saat ini didominasi dengan kondisi hujan ringan hingga sedang, dengan kemungkinan disertai angin kencang dan petir.

“Kondisi cuaca hujan di Tanjungpinang dan Bintan ini diperkirakan masih terjadi untuk seminggu kedepan,” katanya, Selasa (31/1/2023).

Menurutnya curah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi terjadi sepanjang hari dengan kecepatan angin maksimal 20 knot atau 40 km/jam.

“Terutama pada pagi menjelang siang hari dan dini hari, dengan Kecepatan angin dapat mencapai maximum 20 Knot atau 40 km/jam,” katanya.

Mahron melanjutkan, salah satu penyebab cuaca hujan saat ini, dikarenakan faktor global yakni Madden Jullian Oscillation (MJO) yang sedang aktif di wilayah Indonesia atau fase 3.

Selain itu juga terdeteksi adanya pusaran siklonik di sebelah barat Kalimantan yang menyebabkan terjadinya belokan angin di Pulau Bintan dan berdampak pada pertumbuhan awan konvektif penyebab hujan.

BMKG Tanjungpinang mengingatkan kepada warga Tanjungpinang – Bintan, agar selalu waspada dalam kondisi cuaca buruk saat ini, terutama bagi para nelayan atau operator pelayaran.

“Selalu memantau perkembangan cuaca di website atau kanal informasi cuaca yang tersedia,” ujarnya.(Drl)

Berita Terkait