TERBARU

Metropolis

BPBD Bintan Ingatkan Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

GOTVNEWS, Bintan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan mengingatkan warga Kabupaten Bintan untuk selalu mewaspadai cuaca extreme yang terjadi belakangan ini.

Kepala BPBD Bintan, Ramlah mengatakan, berdasarkan prediksi BMKG pada bulan Maret diperkirakan akan terjadi hujan dengan kategori menengah.

“Sudah masuk musim hujan pada Maret ini, bahwa status curah hujan masih sedang di Bintan. Tapi kami selalu antisipasi dalam curah hujan yang tinggi,” jelasnya, Rabu (6/3/2024).

Ramlah menuturkan, kesiapan menjelang bulan ramadan dan libur hari Raya Idul fitri. BPBD Bintan telah melakukan himbauan kepada masyarakat.

Pihaknya juga menyiapkan tim siaga bencana untuk memantau kondisi terkini dilapangan, dan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan hingga Kelurahan.

“Antisipasi bencana pada masa bulan suci ramadan, kami memantau prakiraan cuaca melalui BMKG Tanjungpinang,” tambahnya.

Dirinya menambahkan, pada bulan ramadan dan Idul Fitri. BPBD Bintan bersikap siap siaga khususnya di sektor pariwisata.

“Kita juga sampaikan kemasyarakat agar waspada melaut, apalagi diperkirakan tinggi gelombang di diperairan Bintan mencapai 0.5 s/d 2.5 meter,” tutupnya.

BPBD Bintan juga menyampaikan, jika adanya bencana di daerah-daerah tertentu dapat menghubungi contact tim reaksi cepat BPBD Bintan di nomor 08126660528.

Disamping itu, contact pos siaga UPTD pada bulan ramadan sebagai berikut;

  1. UPTD Damkar Toapaya : 081220824113
  2. UPTD Damkar Kijang : 083167597002
  3. UPTD Damkar Uban : 07714651295.

(Mhd)

Berita Terkait