TERBARU

Wisata

Daya Tarik Pantai Pelawan Karimun, Wisata Pantai yang Berhadapan Langsung Dengan Selat Malaka

GOTVNEWS, Karimun – Saat berkunjung ke Kabupaten Karimun jangan lewatkan untuk pergi ke salah satu lokasi destinasi wisata pantai yang ada disana.

Salah satunya, destinasi wisata Pantai Pelawan yang berada di Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun.

Pantai Pelawan memiliki daya tarik wisata tersendiri, karena pantai itu berhadapan langsung dengan Selat Malaka. Selain itu, pantai tersebut juga menawarkan keindahan alam yang eksotis dan mempesona.

Pantai Pelawan memang menghadirkan pesona indahnya laut dan pantai yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka.

Pantai ini memiliki air laut yang berwarna biru yang terhampar di penjuru pantai. Pada sepanjang pantai juga dikelilingi pohon-pohon yang tumbuh sangat lebat.

Daya Tarik Pantai Pelawan Karimun, Wisata Pantai yang Berhadapan Langsung Dengan Selat Malaka.
Daya Tarik Pantai Pelawan Karimun, Wisata Pantai yang Berhadapan Langsung Dengan Selat Malaka. Foto: tripadvisor.co.id.

Bukan hanya itu, pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan berkilauan, juga terdapat batu besar, dan disekitarnya terdapat hutan mangrove.

Pelawan yang letaknya tidak jauh dari dari negara Singapura dan Malaysia.Menjadi daya tarik bagi wisatan mancanegara untuk berkunjung ke tempat ini.

Karena keindahannya dan mampu menjadi daya tarik wisata, Pantai Pelawan ditetapkan oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad sebagai salah satu Destinasi Pariwisata, Kawasan Strategis Pariwisata dan Penetapan Daya Tarik Wisata di Kepulauan Riau.

Penetapan itu tertuang dalam SK Gubernur Kepri Nomor 1263 tahun 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti mengatakan, Pantai Pelawan merupakan salah satu objek wisata kebanggaan warga Karimun. Pantai ini menawarkan pemandangan yang bagus serta biaya masuk yang terjangkau.

“Bukan hanya wisatawan saja yang senang dengan biaya terjangkau tersebut, objek wisata tersebut juga menjadi favorit buat warga lokal jadinya,” ucapnya.

Guntur menyampaikan, keindahan pantainya membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama.

“Apalagi banyak spot foto untuk hunting di sana. Ini menjadi daya tarik yang ada di objek wisata,” ujarnya.

Untuk tiba di Pantai Pelawan membutuhkan waktu 45 menit dari pelabuhan domestik dan internasional Karimun. Dan untuk sampaikan ke Pantai Pelawan, pengunjung bisa menggunakan transportasi umum, ojek atau kendaraan pribadi bahkan bisa menyewa kendaraan yang tersedia di Karimun.

Setibanya disana, pengujung juga tidak perlu khawatir akan lokasi parkir. Pihakn pengelola telah menyediakan area parkir yang sangat luas, WC umum, area pembilasan bagi anak-anak, gazebo, pelampung dan juga fasilitas pengunjung lainnya.

Selain itu juga pihak pengelola menyediakan wahana permainan yang dapat bermain ceria bersama keluarga maupun sahabat seperti banana boat lalu kemudian paerahu

Soal harga parkir, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, destinasi wisata Pantai Pelawan terbilang murah hanya cukup membayar boarding pas untuk kendaraan roda dua Rp 2.000 per orang.

Sedangkan kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000, kendaraan bus dipatok Rp 10.000. Pengunjung dapat menikmati panorama Pantai Pelawan sepuasnya. (Zpl)

Berita Terkait