TERBARU

Berita Video

LAM Kepri Tolak Relokasi 16 Kampung di Rempang Galang

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri mengeluarkan maklumat, soal rencana relokasi masyarakat melayu di Pulau Rempang Galang, Kota Batam.

Maklumat yang yang dikeluarkan berdasarkan hasil musyawarah itu, dibacakan langsung oleh Ketua LAM Kepri, Abdul Razak di Kota Tanjungpinang, Sabtu (9/9/2023), di gedung LAM Kepri, jalan Agus Salim, Tepi Laut.

Setidaknya ada 6 poin maklumat yang dibacakan, pertama, LAM Kepri sebagai payung negeri, sepenuhnya mendukung program pemerintah.

LAM Kepri juga menolak dan meminta dibatalkan relokasi 16 kampung tua masyarakat melayu, yang ada di Pulau Rempang dan Pulau Galang.

Ketiga, membebaskan seluruh masyarakat yang ditahan akibat peristiwa yang terjadi pada 7 September 2023.

LAM Kepri juga mengutuk keras tindakan refresif, intimidasi dan kekerasan yang dilakukan oleh petugas gabungan terhadap masyarakat Pulau Rempang dan Galang, pada aksi demo tanggal 7 dan 8 september 2023 lalu.

“Mendesak Pemerintah membuat kesepakatan tertulis dengan masyarakat melayu Pulau Rempang dan Galang, terkait dampak jangka pendek dan jangka panjang dari proyek strategis Nasional di Pulau Rempang dan galang,” jelasnya.

Namun demikian, LAM Kepri tetap mendukung jika Pemerintah pusat maupun Batam melakukan investasi. Namun, ia tetap menolak jika masyarakat yang sudah tinggal ratusan tahun di Rempang dan Galang direlokasi. (zpl)

Berita Terkait