TERBARU

Metropolis

Mulai 11 Juni PPDB SMA/SMK dan SLB Sederajat Dibuka

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Mulai Selasa 11 Juni 2024 Dinas Pendidikan Provinsi Kepri buka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA, SMK dan SLB negeri tahun ajaran 2024/2025.

“Besok akan dimulai ya pendafataran PPDB jenjang SMA/K dan SLB,” kata Kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Andi Agung, Senin (10/6/2024).

Andi menyampaikan, pendaftaran PPDB jenjang SMA sederajat dibagi menjadi beberapa tahap, tahap pertama yakni afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua. Kemudian tahapn kedua jalur zonasi akan dibuka pada tanggal 22 Juni 2024.

“PPDB jenjang SMA memiliki persentase tersendiri untuk setiap kategori yakni 15 persen untuk prestasi, afirmasi 15 persen, perpindahan orang tua 5 persen dan zonasi 65 perse,”jelasnya.

Ia juga menyebutkan, jumlah lulusan SMP tahun 2024 tidak dapat ditampung semuanya di sekolah SMA negeri sederajat. Tercatat ada sebanyak 55 ribu pelajar SMP di Kepri dinyatakan lulus.

Untuk itu, pihaknya berharap agar orang tua tidak memaksakan anaknya untuk masuk di sekolah negeri.

“Sekolah swasta banyak yang bagus. Data yang kota punya itu ada 6.000-an lulusan. Tapi kita perlu antisipasi, apa lagi di kota Batam,”ucapnya.(San)

Berita Terkait