TERBARU

Metropolis

Petugas DKPP Bintan Temukan Kasus Cacing Hati pada Hewan Kurban

GOTVNEWS, Bintan- Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Hewan Kurban pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bintan, menemukan kasus cacing hati pada hewan kurban di Kecamatan Bintan Timur.

Menurut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kabupaten Bintan, drh Iwan Berri Prima. Hewan kurban tersebut masih aman dan layak untuk dikonsumsi, serta kondisi hewan kurban di Kabupaten Bintan secara umum layak dan sehat.

“Kita tidak menemukan kasus hewan kurban yang terkena penyakit hewan menular strategis, untuk kasus cacing hati masih aman untuk dikomsumsi,” jelasnya.

Selain itu, Iwan menjelaskan, tim juga menemukan lokasi pemotongan hewan yang belum memenuhi kaidah kesejahteraan hewan. Salah satunya, saat pemrosesan daging hewan kurban tidak menggunakan alas terpal.

“Jadi daging diproses hanya di atas tanah beralaskan kulit hewan,” tambahnya.

Dirinya mengakui pihaknya sudah menyampaikan kaidah-kaidah salah satunya dalam memproses daging kurban melalui surat edaran ke seluruh kecamatan, kelurahan atau desa bahkan masjid-masjid di Kabupaten Bintan.

” Sebelumnya sudah kita kasi edaran, namun masih ada juga yang tidak melakukan seperti kaidah yang disampaikan,” tutupnya.(Mhd)

Berita Terkait